Taufiq Rahman Kembali Didaulat Nahkodai IPJI

Jakarta, MITRA NEWS – Taufiq Rahman diminta kembali menjadi Ketua Umum Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia untuk periode 2018-2023 dalam Musyawarah Nasional (Munas) ke IV IPJI yang berlangsung di Grand Cempaka Hotel, Jakarta pada Sabtu (27/10/2018).

Musyawarah yang berlangsung sejak pagi hingga pukul 23.00 Wita itu, peserta Munas yang terdiri dari Dewan Pengurus Pusat IPJI serta perwakilan 28 Dewan Pimpinan Wilayah seluruh Indonesia secara meyakinkan mendaulat Taufiq Rahman untuk kembali menahkodai organisasi profesi ini untuk periode lima tahun ke depan.

Pimpinan Munas IV IPJI, Rudi Sembiring membenarkan Taufiq Rahman diminta sebagai Ketua Umum sesuai pemandangan sejumlah DPW. Taufiq Rahman yang saat ini menjabat ketua umum diminta untuk kembali menunggangi IPJI selama periode berikutya. Komposisi kepengurusan pun dikatakan Rudi akan mirip dengan kepengurusan sebelumnya, tetapi dengan mengganti bendahara umum.

Ketua Umum DPP IPJI, Taufiq Rahman

Rudi menjelaskan, peserta Munas yang berasal dari unsur DPW menilai perlu adanya penambahan sumber daya manusia untuk menggerakkan dan menjalankan roda organisasi ke depan agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. “Begitupun program kerja IPJI agar dirancang kembali, termasuk AD ART organisasi IPJI,” papar Rudi.

Pria yang mengemban tugas sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Media Online Indonesia ini lebih lanjut mengungkapkan, Munas IV IPJI dirasakan berbeda dengan pelaksanaan Munas sebelumnya. Hal ini disebabkan kepengurusan IPJI selama kepemimpinan Taufik Rahman berhasil membentuk perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) dan Persatuan Wartawan Online Independen Nusantara (PWOIN).

Hadir dalam Munas IV IPJI, yakni Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Menkominfo RI) Rudiantara diwakili Staf Menkominfo DR Hendrasno, M.A, Ketua Dewan Pembina DPP IPJI, Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji (sebelumnya pernah menjabat Komandan Pusat Polisi Militer periode 2006-2007), Ketua Dewan Pembina DPP PWOIN, Laksamana TNI (Purn.) Tedjo Edhy Purdijatno, S.H (mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia), Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Grogol Andrey J Tuamelly, Dra Ida Parwati (presenter senior acara berita di RCTI), jajaran pengurus DPP, DPW dan DPC IPJI se Indonesia, pengurus DPP dan DPW MOI serta PWOIN se Indonesia. (Baca : MITRA NEWS,  http://www.mitrakaruniasehati.com/2018/10/27/menkominfo-ipji-…arakat-dari-hoax/ )

Munas IV IPJI ditandai dengan pemukulan gong oleh DR Hendrasno, M.A kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata dan penandatanganan kesepakatan bersama antara IPJI dengan BPJS Ketenagakerjaan. Kesepakatan Bersama antara IPJI dengan BPJS Ketenagakerjaan dilakukan untuk melindungi para jurnalis IPJI,MOI dan PWOIN sekaligus untuk kepentingan verifikasi perusahaan pers yang diamanatkan dewan Pers.

Hari pertama Munas IV IPJI, Sidang Paripurna V membentuk 3 (tiga)  Komisi guna membahas penyempurnaan AD/ART, Program Umum IPJI dan Rekomendasi Organisasi dan Umum.

Adapun tim yang tergabung dalam Komisi A yakni Nasrun Hartanto, Syaiful SH.  M.Hum, Idris Farman, Dyah Tara, Heri Soelaeman, M. Lutfhi, Endang W, Ai Mulyani, Umar Suherman, Anis, Iwan Hermawan, Wawan K, Abraham, Didik Methana, Joseph Minar, Batur Partisi, Rini, Yapi Abdullah, Riyanto,  SPd, Heri Mustari, Hendrik Panjaitan, Hadriani, Fharizky, Andi SAN dan Wais Al Karnais

Selanjutnya Komisi B yakni Chris Haryadi, Lili Fatmah, Lukman, Andi M. Nurmansyah, Iko Setiawan, Mas Satta, Ikin Rokiin, Dingin Mauludin, Doni Ardon, Dady Supandi, Alien Manulang, Yayah Ahmad, Rahmad Da’wah, Drianto Martono, Drs.  TB M Harery Th, Mulyadi, Domithilda, Ahmad Rakhman Gusti, S.Ip, Anom H dan Bayu Septiandy.

Kemudian pada Komisi C yakni Raflenofa Yulanda,  S.E, Aji Jahrudin, Geattika Tirtaya, Dedi Wartika, H. Budi S, Adang Solehudin, Umar, B. Wahyudi, Kartika Sari, Itoh  Masitoh, Elyakim Juniastra S, Evi Novianti, Dra. Kameloh, Yolla, Masitah.

Adapun Munas IV IPJI di hari kedua, Minggu (28/10/2018) Ketua Panitia, Harun, S.T telah mempersiapkan sejumlah nara sumber yang akan memberikan pencerahan, diantaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Jenderal TNI (Purn) Wiranto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil ketua BPK RI Prof. DR Bahrullah Akbar,MPA. (RED)

Ketua DPW MOI Provinsi Jawa Barat foto bersama Ketua Dewan Pembina PWOIN, Laksamana TNI (Purn.) Tedjo Edhy Purdijatno, S.H
Ketua DPC MOI Kabupaten Bekasi foto bersama Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji

Tinggalkan Balasan