KPLHI Dukung Jambore Bekasi Hijau

Wakil ketua MOI Kab. Bekasi, Den Bagus secara simbolis menyerahkan bibit pohon kepada ketua KPLHI Kab. Bekasi, Sarifudin untuk ditanam pada kegiatan Jambore Bekasi Hijau

Bekasi, MITRA NEWS – Komite Peduli Lingkungan Hidup Indonesia Kabupaten Bekasi memberikan dukungan penuh terhadap program Jambore Bekasi Hijau yang digelar Jaringan Kerja Eco Village (Jangkar Eco Village) Kabupaten Bekasi di halaman Kantor Kecamatan Cikarang Timur, Sabtu (15/22/2018).  Selain mendukung, KPLHI pun memfasilitasi penanaman pohon pada momentum kegiatan tersebut.

Ketua KPLHI Kabupaten Bekasi, Sarifudin mengatakan bahwa penanaman pohon merupakan bagian dari program KPLHI dalam menjaga keseimbangan alam. Pohon pohon yang ditanam merupakan hasil wakaf pohon dari sejumlah wartawan yang tergabung dalam perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) Kabupaten Bekasi pimpinan Doni Ardon.

“KPPLHI selanjutnya akan eksis dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup,” ucap Sarifudin.

Dia mengakui keberadaan Jambore Eco Village menyegarkan kembali komitmen lembaga dan stakehoulders yang bergerak di bidang lingkungan hidup.

“Semoga program ini akan terus berlanjut dengan dukungan dari pemerintah dan diikuti oleh pihak lainnya, sehingga akan memberikan manfaat untuk masyarakat dan lingkungan,” ucapnya.

Sarifudin menambahkan, kerjasama KPLHI terhadap MOI Kabupaten Bekasi juga melibatkan pengusaha untuk berpartisipasi. “Bentuk kerja samanya yaitu MOI memfasilitasi KPLHI terhadap komitmen CSR pengusaha limbah industri yang tergabung dalam Aspelindo (Asosiasi Pengusaha Limbah Industri Indonesia-red). Kerjasama ini, merupakan rintisan awal KPLHI kabupaten Bekasi dan akan bergulir hingga tahun tahun selanjutnya.

Indonesia Bebas Sampah

Terkait Gerakan Nasional Indonesia Bebas Sampah, Sarifudin menambahkan program tersebut merupakan wadah partisipatif yang memfasilitasi peran serta multi pihak dalam menjawab tantangan persoalan sampah di Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Bekasi khususnya.

Hal ini didasari atas visi dan misi besar para individu dan komunitas dari berbagai wilayah di Indonesia dalam membangun kepedulian dan kekuatan dalam pengelolaan sampah berkelanjutan.

Salah satu aktivitas dari Gerakan Indonesia Bebas Sampah adalah Jambore Nasional yang merupakan Momen strategis berkumpulnya seluruh penggiat peduli sampah dari unsur lima aktor diantaranya : Masyarakat Sipil, pemerintah, swasta, media dan tokoh masyarakat baik secara individu maupun mewakili komunitas /lembaga.

Jangkar Eco Vilage Kabupaten Bekasi pada kesempatan kali ini melaksanakan kegiatan Jambore Bekasi Hijau dan Bebas Sampah yang di selenggarakan di Kecamatan Cikarang Timur pada tanggal 15 dan 16 Desember.

Kegiatan tersebut melibatkan peserta sebanyak 400 orang dari berbagai elemen masyarakat yaitu Perwakilan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), Penggiat Peduli Persampahan, Pemerintahan Kabupaten Bekasi, Delegasi Perusahaan, Sektor Akademisi/Pendidikan.

Salah satu penggiat peduli lingkungan yang mengikuti acara tersebut adalah KPLHI dan MOI (Media Online Indonesia) yang pada kesempatan kali ini memberikan sumbangsih berupa pohon untuk penghijauan. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

Ade Laely Fitriani Optimis Golkar Menangkan Pilbup Bekasi 2022 di Cikarang Barat

Bekasi, MITRA NEWS – Putri kandung anggota DPRD Kabupaten Bekasi dari Fraksi Golkar Haji Kardin, Ade Laely Fitriani, resmi secara aklamasi didapuk untuk menjadi Ketua Pimpinan Kecamatan (PK) Partai Golkar Kecamatan Cikarang Barat Periode 2020-2025. Hal itu terungkap saat kegiatan Musyawarah Kecamatan (Muscam) ke-X PK Partai Golkar Kecamatan Cikarang Barat yang dilaksanakan di Desa Telaga […]

Komisi 1 DPRD Kab. Bekasi : “Direksi PDAM TB merupakan WNI yang diangkat dan diberhentikan Bupati Bekasi”

Bekasi, MITRA NEWS – Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Budiyanto mengklarifikasi tudingan hoax yang disampaikan anggota Komisi 1 DPRD Kota Bekasi Nicodemus Godjang kepada wartawan (baca : http://bekasiekspres.com/2020/09/20/bicara-tanpa-data-budiyanto-dituding-sebar-hoaks_). Dijelaskan Budiyanto, terkait statementnya tentang komposisi PDAM Tirta Bhagasasi sebesar 85% Pemkab Bekasi dan 15% Pemko Bekasi itu terjadi saat dirinya menjabat anggota DPRD Kabupaten Bekasi periode 2009 – […]