Sampah Menumpuk di Kali Pengairan Tambun

Bekasi, MITRA NEWS – Sudah beberapa pekan ink, tumpukan sampah terlihat memenuhi Kali Pengairan, Jalan KH Abu Bakar, Tambun, Kabupaten Bekasi. Hingga berita ini diturunkan, belum nampak upaya Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk mengatasinya.

Tumpukan sampah di Kali Pengairan Tambun Kabupaten Bekasi

Tumpukan sampah di Kali Pengairan Bekasi itu selain merusak pemandangan kota juga membuat aliran air tersendat. Begitupun bau yang tidak sedap menambah kesan kumuh di wilayah tersebut.

Kali Pengairan menghubungkan Desa Setiadarma dan Desa Mekarsari. Jenis sampah yang menumpuk di kali tersebut di antaranya sampah plastik, makanan, kayu, hingga kardus. 

“Sudah lama itu (sampah menumpuk),” ujar Tukijo, warga sekitar, saat ditemui di sekitar lokasi, Rabu (19/12).

Tampak pula bangkai tikus di tumpukan sampah tersebut dan terlihat lalat-lalat beterbangan di sekitar tumpukan sampah. “Bau dari tumpukan sampah ini akan lebih menyengat bila turun hujan,” kata Tukijo.

Menurutnya, warga sekitar memang kerap membuang sampah di kali. “Sering pada buang di kali. Naik motor, terus tiba-tiba buang sampah saja ke kali,” ujar Tukijo.

Dia mengeluhkan kurangnya perhatian pemerintah dalam penanganan sampah. “Petugas kebersihan hanya sebulan sekali mengangkut sampah disini, dan biasanya setelah tiga hari sampah diangkut, Kali Pengairan lagi lagi dipenuhi sampah,” ujar Tukijo. (***)

Warga lainnya, Riri, mengatakan warga membuang sampah di kali biasanya pada malam hari. “Warga membuangnya (sampah) malam-malam. Pada naik motor, bawa keresek isi sampah,” ujar Riri.



Tinggalkan Balasan