Kordil Proyek Jalan Pantai Bakti Menyalahi Prosedur

Bekasi, MITRA NEWS – Pelaksanaan proyek peningkatan Struktur Jalan Pantai Bakti Kampung Bungin, Kabupaten Bekasi yang dikerjakan PT Batu Obon Jaya dinilai menyalahi prosedur. Terlebih, kordil berupa uji ketebalan beton jalan melangkahi proses PHO (Provisional Hand Over/serah terima pertama pekerjaan).

Uji ketebalan

Informasi yang didapat MITRA News menyebutkan, kegiatan proyek berada di Kampung Bungin Desa Pantai Bakti Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi. Kegiatan tersebut didanai melalui APBD Murni Kabupaten Bekasi tahun 2018 senilai Kontrak 8,6 miliar.

Kecurigaan adanya kejanggalan dalam pengerjaan proyek setelah petugas PUPR melakukan kordil, Sabtu (22/12/2018). Hasil kordil dinilai sesuai kontrak kerja.

Mengetahui adanya kordil jalan pantai Bakti Bungin, Wandih, salah satu tim PHO merasa dilangkahi. “Saya ga pernah menerima kabar jika hari ini ada kordil oleh PPTK terhadap kegiatan yang ada di Muaragembong,” keluhnya.

Meski begitu dia langsung datang ke lokasi proyek dan mempelajarinya. “Saat ini pekerjaan tersebut masih sebatas perkerasan saja dan belum PHO, jadi sangat tidak beralasan jika PPTK melakukan kordil,” ungkapnya.

Dia menilai PPTK telah menyalahi prosedur karena melakukan kordil sebelum PHO. “PPTK ini sepertinya cari cari penyakit,” ucap Wandih.

Menyinggung adanya kordil sebelum PHO, Wandih menyatakan bakal menahan berita acara kegiatan proyek  tersebut. “Kalau kegiatan tersebut benar-benar sudah di kordil padahal belum PHO maka kami tidak akan tandatangani, apalagi dalam pekerjaannya pun banyak kekurangan,” ucapnya.

Lokasi proyek peningkatan jalan

Kordil, tambahnya, harus menghadirkan tiga unsur, yakni PPHP, Wasdal dan PPTK. Ketiga unsur tersebut harus hadir saat pelaksanaan proses serah terima. “Kalau salah satunya tidak hadir mesti ijin tertulis,” kata Wandih.

Terpisah, pihak PPTK, Asri Taibenu yang dihubungi MITRA News mengakui proyek tersebut sudah di kordil sebelum PHO. Karena waktunya sangat mendesak dan betonnya nya pun sudah selesai dikerjakan, jadi saya pikir ga masalah kalau PHO menyusul,” ucapnya. (WIE)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

SMSI Fasilitasi Pusdiklat Paramedis Penanganan Copid 19

Bantu perangi Covid 19, SMSI Siapkan Pusdiklat Untuk Penginapan Paramedis dan Tenaga Kesehatan MEMERANGI COVID 19, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat mendukung program Pemerintah Pusat dalam penanganan Covid 19. Hal ini disampaikan Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus saat menggelar rapat terbatas di Gedung Journalist Boarding School (JBS) Cilegon, Banten, Jumat (3/04/2020). Gedung JBS merupakan […]

Rentan Terpapar Corona, SMSI Bekasi Raya Ingatkan Pentingnya APD Bagi Jurnalis

BEKASI – Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Perwakilan Kabupaten Bekasi, Doni Ardon mengingatkan pentingnya Alat Perlindungan Diri (APD) bagi wartawan yang tetap menjalankan tugasnya menyampaikan pemberitaan ke masyarakat di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. “Peran jurnalis yang meliput dan memberikan informasi kepada masyarakat terkait perkembangan virus Corona di tanah air sangatlah penting, terlebih para jurnalis […]