Rating Debat Pilpres Bakal Kalahkan Box Office

Rating siaran debat pilpres 2019 dipastikan mengalahkan tayangan film box office. Tahun politik ini, pertarungan Jokowi – Prabowo Jilid 2 dinilai lebih menarik.

Undian debat pilpres 2019

Jakarta, MITRA NEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menggelar undian stasiun televisi yang akan menyiarkan debat Pilpres 2019. Dari undian ini, didapat lima kelompok televisi yang akan menyiarkan debat antara pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dari hasil undian, debat pertama akan disiarkan oleh beberapa stasiun televisi yakni TVRI, Radio Republik Indonesia (RRI), Kompas TV, dan Rajawali TV (RTV).

Lalu debat kedua akan disiarkan di stasiun televisi Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI), GTV, MNC TV, dan Inews TV.

Adapun debat ketiga akan disiarkan oleh stasiun televisi Trans TV, Trans 7 dan CNN Indonesia. Sedangkan, debat keempat disiarkan di Metro TV, Surya Citra TV (SCTV) serta Indosiar dan debat kelima di TV One, ANTV, Berita Satu, serta Net TV.

Dari hasil rapat koordinasi sebelumnya, debat diputuskan dilakukan selama lima kali di tahun 2019 tanggal pada 17 Januari, 17 Februari, 17 Maret, dan 30 Maret. Adapun jadwal debat kelima masih belum ditentukan. “Debat kelima atau terakhir masih akan ditentukan kemudian,” kata ketua KPU Arief Budiman di kantornya, Jakarta, Rabu, 26 Desember 2018.

Adapun, kelima debat dibagi ke lima kelompok tema besar yang akan diperdebatkan. Tema debat pertama yakni tentang hukum, HAM, korupsi, dan terorisme; tema kedua adalah energi pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur; tema ketiga adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan; tema keempat yakni soal ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional; tema debat kelima adalah tentang isu ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan dan industri.

Arief menuturkan KPU juga membagi debat pilpres ke dalam tiga pola. Pola pertama, yakni debat antarcapres, debat antarcawapres, dan debat antarpasangan capres-cawapres. Debat pertama dan terakhir disepakati antarpasangan capres-cawapres, debat kedua dan keempat diperuntukkan antarcapres, dan debat ketiga antarcawapres. “Masing-masing debat akan berlangsung selama 120 menit,” ucap Arief. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *