Kejati Jabar Hukum 14 Jaksa Nakal

Kajati Jabar Raja Nafrijal kepada wartawan

Bandung, MITRA NEWS – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat mengungkap ada 14 jaksa di Jabar yang bermasalah. Jaksa nakal tersebut dihukum atas perbuatannya. “Selama tahun 2018, bidang pengawasan kami telah memproses dan menjatuhkan hukuman terhadap 25 orang pegawai. Baik pegawai tata usaha dan jaksa,” ucap Kepala Kejati Jabar Raja Nafrijal didampingi Asisten Bidang Pengawasan (AsWas) Kejati Jabar Enen Saribanon di Kantor Kejati Jabar, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung kepada MITRA News, baru-baru ini. Pemberian hukuman terhadap “Jaksa Nakal” merupakan bagian dari pencapaian kinerja Kejaksaan Tinggi Jawa Barat Tahun 2018.

Raja mengatakan para jaksa telah diberi hukuman. Hukuman yang diberikan beragam dari mulai ringan hingga berat.  “Mereka yang dihukum sebanyak 11 orang pegawai tata usaha dan 14 jaksa. Kita berikan hukuman dari ringan sampai berat,” timpal Asisten Bidang Pengawasan (AsWas) Kejati Jabar Enen Saribanon.

Dia mengatakan bahwa dari jumlah 14 jaksa nakal, ada 5 orang yang diberi hukuman berat. Hukuman yang diberikan berupa penurunan pangkat hingga dicopot statusnya sebagai jaksa. 

“Untuk jaksa, hukumannya pencopotan sebagai jaksa, junahnya ada empat orang dan seorang lagi diberikan penurunan pangkat satu tingkat lebih rendah satu orang,” tegasnya. Adapun pencopotan,lanjutnya, berrati yang bersangktan tidak bisa lagi menjadi jaksa selama tiga sampai empat tahun. “Atau tergatung keputusan pimpinan,” ujarnya.

Bertempat di Kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Jalan Martadinata No. 54 Kota Bandung, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Raja Nafrizal, SH yang didampingi oleh para Asisten serta sejumlah pejabat di lingkungan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, menyampaikan sejumlah capaian kinerja selama tahun 2018.

Enen menjelaskan bahwa kesalahan jaksa berbagai macam.
“Salah satunya tidak profesional dalam melaksanakan pelayanan hukum dan penegakan hukumnya, dan ada juga jaksa yang indisipliner serta menyalahi wewenang sebagai jaksa,” kata Enen. (RED)

 

Tinggalkan Balasan