Camat Cikarang Pusat, Endin Samsudin: “Bimtek Mematangkan Pengetahuan BPD”

Bimtek BPD se Kecamatan Cikarang Pusat dipimpin Jaja Miharja

Bekasi, MITRA NEWS – Badan Pengawas Desa se Kecamatan Cikarang Pusat mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel Panorama Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu – Minggu (18-19/01/2019). Kegiatan yang bertemakan Optimalisasi tugas dan fungsi BPD itu menghadirkan 2 narasumber, yakni Drs Ujang Aliyudin (tenaga ahli bidang pemberdayaan Masyarakat dan Desa) dan Zuli Zulkifli SH (ketua Forum BPD Kabupaten Bekasi).

Camat Cikarang Pusat Drs. Endin Samsudin, M.Si dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kesediaan pengurus BPD se Kecamatan Cikarang Pusat yang bersemangat mengikuti Bimtek tersebut.

“Saya ucapkan terimakasih kepada rekan-rekan BPD semua yang telah hadir pada kegiatan ini, mudah-mudahan ini akan semakin mematangkan pengetahuan kita selaku BPD ke depan nanti,” ucap Camat.

Dia berharap Bimtek pemberdayaan dan penguatan BPD mampu menguatkan pengetahuan tugas dan fungsinya.

“Dengan Bimtek ini diharapkan semakin menguatkan pengetahuan akan tupoksi BPD, menambah semangat sinergitas antara BPD dengan Pemerintah Desa ataupun elemen lainnya di desa,” tuturnya.

Ketua Forum BPD Kabupaten Bekasi Zuli Zulkipli sebagai nara sumber Bimtek BPD se Kecamatan Cikarang Pusat

Zuli Zulkipli, Nara sumber dari Forum BPD Kabupaten Bekasi mengatakan, ditetapkannya Permendagri N0. 110/2016 menjelaskan bagaimana mekanisme pembentukan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Hal ini sangatlah penting sehingga tiap desa mengetahui tugas dan fungsinya,” kata Zuli.

Selanjutnya, melalui UU Desa No. 6/2014, kedudukan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mengalami perubahan. Jika sebelumnya BPD merupakan unsur penyelenggara pemerintahan maka sekarang menjadi Lembaga Desa. 

Salah seorang peserta Bimtek, Dedi Hendriyana mengakui kegiatan yang diikutinya selama dua hari berturut turut memberikan manfaat yang sangat positif.

“Peran lembaga Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sangatlah besar dan strategis, ini memang perlu diketahui seluruh pengurus Bumdes,” ucap Ketua BPD Desa Hegarmukti ini.

Peserta Bimtek BPD se Kecamatan Cikarang Pusat

Terlebih, seluruh BPD se Kecamatan Cikarang Pusat telah mengalami perubahan kepengurusan yang baru.  “Tentunya mereka harus memahami bagaimana tugas dan fungsinya sebagai anggota BPD sehingga dalam menjalankan tugasnya bisa maksimal,” kata Dedi Hendriyana. (DOMPLINK)

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *