Hujan Gol dalam Putaran Liga Total Gocex di Lapangan Porkuba

SSB Beringin Pratama bersama H. Warta Kusuma

Bekasi, MITRA NEWS – Lapangan Sepakbola SSB Porkuba di Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi kiranya jadi saksi bukti cukup berkwalitasnya para bibit unggul pemain sepak bola nasional di masa depan jika semua unsur terkait dari pemerintah, swasta, masyarakat dan pemerhati serta pelaku persepakbolaan bahu-membahu.

Di lapangan yang merupakan salah satu aset dari Bulog ini nampak terlihat cukup piawainya para peserta Total Liga Gocex memainkan si kulit bundar hingga berhasil menyarangkan ke gawang lawan dalam nuansa kompetisi sportif yang mulai terbangun apik saat putaran pertandingan di U 16 (20/1/2019) antara Fass Junior versus Putera Pelangi (3-0), BSD versus Porkuba (1-2), Irpas Putra versus Soccer Team (0-6) sementara dalam pertandingan U 14 antara Pass Junior versus Danau Biru (5-0), Putera Dewata versus Beringin Pratama (0-5).

Strategy penyemangat atlit Sepakbola sebelum berlaga

Dalam kesempatan berbeda mantan pemain nasional yang asli Bekasi H. Warta Kusuma menyampaikan bahwa sejatinya cabang olah raga sepak bola yang sangat diminati oleh warga masyarakat Indonesia khususnya jika ingin maju di suatu daerah maka peran serta aktif dan bantuan lamgsung harus oleh decition maker yakni kepala daerah setempat semisal Bupati, Walikota atau Gubernur tidak cukup hanya kepala dinas karena pasti akan terkendala belum bisa menjadi pemegang keputusan.

H. Warta Kusuma yang asli Pintu Air Kota Bekasi adalah seorang pemain Timnas Indonesia di era tahun 1990an, pria kelahiran Jakarta, 26 Oktober 1963, itu pernah ikut berjuang membela Tim Garuda di ajang Pra Piala Dunia 1986.

Saat itu Warta Kusuma dan kawan-kawan bisa membanggakan Indonesia setelah menjuarai Subgrup IIIB Asia Timur setelah berhasil mengandaskan perlawanan Thailand, India, dan Bangladesh. Namun, langkah Timnas Garuda akhirnya terhenti di final Grup III setelah kalah 0-2 dan 1-4 dari Korea Selatan.

Kini Warta Kusuma yang tinggal di Pintu Air dengan sebutan lokasi “Jembatan Bola”, telah dikenal sebagai pelatih Persipasi salah satunya.

Pelatih SSB Beringin Pratama

Sebagai pelatih senior yang pernah makan asam garam pertandingan nasional dan internasional Warta Kusuma terkenal dengan strategi bermain disiplin foot ball. Ia juga sering menerapkan strategi keseimbangan antara menyerang dan bertahan. Strategi ini tersebut terbukti ampuh dan diakui oleh lawan dan kawan.

Sementara itu salah satu tokoh sentral di SSB Beringin Pratama H. Suganda merasa bersyukur cukup banyaknya liga atau pestival sepak bola untuk SSB ditambah peran serta pihak swasta yang mulai bergeliat seraya berharap pemerintah lebih memperhatikan dengan membantu sarana dan prasana demi perkembangan serta prestasi dunia sepak bola.

Dengan sepak bola khususnya di usia dini dan remaja sangat efektif mencegah tangkal dari salah jalan dan salah gaul yang bermuara pada hal-hal negatif seperti teejerumus di narkoba. Di SSB Beringin Pratama hubungan pengelola dan orang tua siswa sangat selaras, serasi dan saling mendukung sehingga membangun spirit bertanding kepada para pemain terlebih lagi saat orang tua menyaksikan dan mendukung penuh kiprah anaknya, pungkas Suganda.

(Agus Yusbiyadi & Iqbal Kausar)

Tinggalkan Balasan