MOI Jabar Diharapkan Mampu Mengurangi Berita Hoax

Bandung, MITRA NEWS – Kepengurusan Dewan Perwakilan Wilayah Media Online Indonesia Provinsi Jawa Barat (DPW MOI Jabar) sudah terbentuk dan akan segera dilantik beberapa pekan mendatang. Pengurus terdiri dari para pendiri, pemimpin redaksi, dan perwakilan media online di Jawa Barat.

Sekjen DPW MOI Provinsi Jawa Barat, Doni Ardon menunjukkan notulen rapat, Rabu (13/02/2019)

Hal tersebut terungkap saat rapat koordinasi pengurus MOI Jabar yang digelar pada hari Rabu (13/2/2019) bertempat di rumah Arie Chandra Aziz, SH, MH yang merupakan pemilik dan pimpinan Umum Media Cetak dan Online Berita Investigasi Nasional (binpers.com) di Komplek Bumi Pesona Asri Blok E4 No. 14 Kec. Rancaekek Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Rapat koordinasi pengurus yang dipimpin oleh Sekjen MOI Jabar, Doni Ardon, SH membahas beberapa poin penting diantaranya memutuskan perubahan struktur Pengurus DPW, menetapkan kedudukan kantor DPW berdomisili di wilayah kota Bandung, serta menetapkan kepanitiaan dan rencana pelantikan pengurus DPW MOI Jabar.

Rapat juga menunjuk Pemimpin Redaksi Global Media News, Rahmat, sebagai pelaksana harian untuk melakukan koordinasi wilayah di tingkat Provinsi Jawa Barat, Kabupaten dan Kota se Jawa Barat, dan termasuk koordinasi lainnya terhadap pihak-pihak yang terkait.

Ketua DPW MOI Jabar Ikin Roki’in, MM yang juga inisiator kepengurusan di Jawa Barat mengatakan, pembentukan kepengurusan DPW MOI ini sangat penting guna mengakomodir media-media online yang berada di Jawa Barat agar menjalankan tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) dengan benar sesuai dengan undang-undang yang berlaku, yakni Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

“Saat ini tumbuh subur media online namun tidak semua menyampaikan berita sesuai kaidah dan peraturan yang berlaku (di Indonesia),” ujarnya.

Menurutnya, dengan terbentuknya DPW MOI Jabar diharapkan mampu menangkis dan mengurangi berita-berita hoax khususnya di Jawa Barat, sehingga masyarakat terhindar dari informasi yang menyesatkan.

Rapat koordinasi yang dimulai pukul 11.30 WIB hingga sekitar pukul 15.30 diisi juga dengan sesi tanya jawab dan dengar pendapat seluruh anggota pengurus yang hadir.

Sementara itu, pelantikan pengurus yang disepakati pada 6 Maret 2019 rencananya akan mengundang sejumlah pihak diantaranya pejabat tingkat provinsi Jabar, Ketua Organisasi kewartawanan, Pengurus DPP MOI, dan sejumlah tokoh penting lainnya. 

(ADE AKEW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

SMSI Fasilitasi Pusdiklat Paramedis Penanganan Copid 19

Bantu perangi Covid 19, SMSI Siapkan Pusdiklat Untuk Penginapan Paramedis dan Tenaga Kesehatan MEMERANGI COVID 19, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat mendukung program Pemerintah Pusat dalam penanganan Covid 19. Hal ini disampaikan Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus saat menggelar rapat terbatas di Gedung Journalist Boarding School (JBS) Cilegon, Banten, Jumat (3/04/2020). Gedung JBS merupakan […]

Rentan Terpapar Corona, SMSI Bekasi Raya Ingatkan Pentingnya APD Bagi Jurnalis

BEKASI – Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Perwakilan Kabupaten Bekasi, Doni Ardon mengingatkan pentingnya Alat Perlindungan Diri (APD) bagi wartawan yang tetap menjalankan tugasnya menyampaikan pemberitaan ke masyarakat di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. “Peran jurnalis yang meliput dan memberikan informasi kepada masyarakat terkait perkembangan virus Corona di tanah air sangatlah penting, terlebih para jurnalis […]