Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, Polsek Cikarang Pusat Bebersih Kalimalang dan Kali Cipamingkis

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di wilayah hukum Polsek Cikarang Pusat

Bekasi, MITRA NEWS – Polsek Cikarang Pusat, Dinas BPBD Kabupaten Bekasi, Mahasiswa Pencinta Alam yang tergabung dalam Mapala Petang, aparatur Pemerintah Desa Pasirtanjung, ormas GRIB, siswa siswi SMKN 1 Cikarang Pusat, ibu Bhayangkari Polsek Cikarang Pusat dan MBPS dari Bandung bergotong – royong membersihkan sampah di bantaran Kalimalang dan sepanjang kali Cipamingkis, Kabupaten Bekasi, Sabtu (23/02/2019) pagi hingga siang. 

Penanaman pohon di Desa Pasirtanjung

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional  (HPSN) yang mengusung tema ‘Ciptakan Indonesia Bersih dan Sungai Bebas Sampah’.

Selain membersihkan sampah, gabungan anggota Polsek Cikarang Pusat, Cikarang timur dan Kedungwaringin  juga mengawal inisiatif Mapala Petang dalam kegiatan penanaman 1000 pohon di bantaran Kalimalang, Desa Pasir Tanjung, Cikarang Pusat. 

Ibu Bhayangkari Polsek Cikarang Pusat memungut sampah di bantaran Kalimalang dan lingkungan sekitarnya

“Peringatan Hari Sampah Nasional ini muncul atas desakan sejumlah pihak untuk mengenang peristiwa Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi tanggal 22 Februari 2005, dimana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari seratus jiwa,” kata Kapolsek Cikarang Pusat, AKP Somantri. 

Penyebab kejadian itu, sebut Kapolsek, karena curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah mengakibatkan 125 ribu nyawa melayang dan dua kampung hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah dari Tempat Pembuangan Akhir ( TPA ).

Pembersihan sampah hingga ke tengah sungai dan sekelilingnya menggunakan Perahu Karet

AKP Somantri melanjutkan, terkait hal itu, Pemerintah RI telah menargetkan Indonesia akan bebas sampah pada tahun 2020, dan HPSN dijadikan momentum untuk membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah dengan menerapkan sistem 3R, Reuse, Reduce dan Recycle.

Kerja bakti membersihkan sampah di bantaran Kalimalang Tegaldanas Desa Karyamukti dan sepanjang Kali Cipamingkis arah Lapas kelas III Kabupaten Bekasi dipimpin langsung oleh Kapolsek Cikarang Pusat. Puluhan anggota polisi dan ibu Bjayangkari memungut sampah yang berserakan dan membersihkan lingkungan sekitarnya.

Sampah yang sudah dikumpulkan kemudian dimasukkan ke dalam keranjang plastik dan dimasukan ke mobil pengangkut sampah.

Anggota Polsek Cikarang Sampah terlihat asyik memunguti sampah di bantaran Kalimalang

“Ada dua sungai yang menjadi sasaran kegiatan kerja bakti yaitu Kalimalang dan Kali Cipamingkis.”

“Kita punguti sampah yang berserakan di lingkungan sekitar sungai tersebut dan membersihkan sungai dengan menggunakan empat perahu karet.”

“Dengan menggunakan perahu karet kita bisa menjangkau ke tengah sungai dan sekelilingnya sehingga bisa mewujudkan lingkungan sungai yang benar-benar bersih,” katanya.

Kapolsek menambahkan, kegiatan kerja bakti membersihkan sampah juga merupakan wujud kepedulian sosial kepolisian terhadap kebersihan lingkungan.

Dengan demikian mampu menjadikan lingkungan tempat umum menjadi bersih dan mencegah peredaran penyakit.

(Na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *