CITIZEN JOURNALISM

Oleh : Doni Ardon *)

Perkembangan media massa di era Globalisasi berkembang sangat pesat. Bermula dari media massa cetak, lalu berkembang menjadi radio, televisi, dan saat ini, melalui internet pun seseorang bisa mendapatkan informasi dan hiburan yang disebut dunia online.

Dunia online semakin populer dan meningkat dengan adanya situs-situs berita yang dikelola oleh warga, menampilkan berita-berita yang dibuat oleh warga sendiri, bukan oleh wartawan profesional. Hal ini di sebabkan karena akses internet yang semakin meluas dan setiap orang bisa berpartisipasi dalam dunia jurnalistik, bukan lagi sebagai sekadar konsumen berita, tetapi juga sebagai pembuat berita yang disebut Citizen Journalism.

Para Citizen Journalism ini bisa mengunggah melalui weblog pribadi, yang bisa dibuat secara gratis dan content-nya bisa di isi semau penulisnya atau dari sebuah website resmi yang dikelola oleh salah satu perusahaan media.

Munculnya Citizen Journalism sebenarnya juga membantu para jurnalis profesional yang tidak dapat langsung memberitakan sebuah kejadian yang terjadi di suatu tempat. Dengan adanya Citizen Journalisme tentunya sangat membantu para pemilik media online untuk mendapatkan berita yang teraktual tanpa mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Pengendalian Media Online

Keberadaan media online, selain membantu dalam berkomunikasi juga efektif sebagai ajang promosi dan sarana ilmu pengetahuan. Banyak yang mencari jawaban dari suatu permasalahan hidup melalui media online/ search engine seperti Google.

Di samping sisi positif yang ditimbulkan, terdapat pula dampak negatif yang dimulai dari keberadaan media online ini, seperti penipuan, pembunuhan, cyber bullying, fitnah dan masih banyak lagi.

Tentunya, dampak negatif tersebut dapat dicegah bila pemerintah memiliki fungsi pengendalian terhadap akses informasi di dalam suatu jaringan webhost yang memantau, mengendalikan dan membatasi hak akses atas informasi-informasi yang tidak sehat dan berdampak negatif.

Atas dasar hal itu dan menimbang pesatnya pasar investasi pusat data di kawasan Asia-Pasifik serta ketatnya persaingan diantara penyedia layanan cloud terkemuka seperti Google, Amazon, Microsoft, dan Alibaba di di Asia Pasifik, maka Media Online Indonesia Provinsi Jawa Barat dirasa perlu membangun dan memelihara kapasitas infrastruktur teknologi dengan cepat agar dapat mengikuti perkembangannya.

Dalam hal ini, Media Online Indonesia Provinsi Jawa Barat ingin membangun Pusat Server Data yang menyediakan dua layanan utama, yaitu :
1. Pintu gerbang ke Internet, dan
2. Melindungi jaringan sebagai firewall

Adapun berdasarkan cara kerjanya, Pusat Server Data Media Online Indonesia Provinsi Jawa Barat menyediakan beberapa jenis layanan dengan kegunaan dan tugasnya masing-masing, yaitu sebagai berikut :

1. Server untuk Layanan Kegiatan Komunikasi;
2. Server untuk Layanan Transfer dan Penerimaan Database;
3. Server untuk Layanan Kegiatan Database
4. Server untuk Layanan Kegiatan Pengaksesan Data/ Informasi
5. Server untuk Layanan Multimedia
6. Server untuk Layanan Kegiatan Remote Server

*) Penulis adalah Ketua DPC MOI Bekasi/ Sekretaris DPW MOI Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Releated

SMSI Fasilitasi Pusdiklat Paramedis Penanganan Copid 19

Bantu perangi Covid 19, SMSI Siapkan Pusdiklat Untuk Penginapan Paramedis dan Tenaga Kesehatan MEMERANGI COVID 19, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat mendukung program Pemerintah Pusat dalam penanganan Covid 19. Hal ini disampaikan Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus saat menggelar rapat terbatas di Gedung Journalist Boarding School (JBS) Cilegon, Banten, Jumat (3/04/2020). Gedung JBS merupakan […]

Rentan Terpapar Corona, SMSI Bekasi Raya Ingatkan Pentingnya APD Bagi Jurnalis

BEKASI – Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Perwakilan Kabupaten Bekasi, Doni Ardon mengingatkan pentingnya Alat Perlindungan Diri (APD) bagi wartawan yang tetap menjalankan tugasnya menyampaikan pemberitaan ke masyarakat di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. “Peran jurnalis yang meliput dan memberikan informasi kepada masyarakat terkait perkembangan virus Corona di tanah air sangatlah penting, terlebih para jurnalis […]