Bekasi, MITRA NEWS – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi Jajang Wahyudi mengatakan keberadaan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) merupakan ujung tombak dalam kesuksesan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

“Tidak berlebihan jika saya mengatakan KPPS adalah ujung tombak penyelenggaraan Pemilu di tingkat bawah. Mengapa, karena di TPS kemenangan atau kekalahan para peserta pemilu dapat langsung diketahui,” ucap Jajang saat dihubungi MITRA News lewat telepon selulernya, Selasa (20/03/2019).

Menurutnya, TPS sebagai tempat pemungutan dan penghitungan suara tingkat pertama harus dipastikan penyelenggaraannya tidak bermasalah. Jika ada permasalahan, tentu akan berdampak pada rekap di tingkat selanjutnya.

Hal penting untuk diketahui KPPS adalah terkait dengan suara sah dan tidak sah. Ada beberapa hal terkait dengan kategori suara sah dan tidak sah yang berbeda dari pemilu sebelumnya.

“Pengetahuan semacam itu yang penting dan perlu diketahui oleh KPPS, jangan sampai karena minimnya pemahaman dan desakan banyak pihak menjadikan penyelenggaraan di tingkat bawah menjadi bermasalah,” ungkapnya.

Aksi protes massa, kerawanan dalam penyelenggaraan Pemilu di tingkat KPPS (Foto: Istimewa)

Untuk itu dalam waktu dekat pihaknya akan menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) dan simulasi pemungutan dan penghitungan suara.

“Semua yang berkaitan dengan penyelenggaraan di tingkat bawah, baik yang berupa pengetahuan atau teknis akan didapatkan oleh KPPS melalui Bimtek,” ujarnya.
(Na)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *