Kementerian Desa & PDT Menutup Pelatihan BUMDES Angkatan Ke VII di Kabupaten Bekasi

Bekasi, MITRA NEWS – Pelatihan BUMDes angkatan ke VII Tahun 2019 secara resmi ditutup oleh Sekretaris Balai Besar Pengembangan Latihan Masyarakat Kementrian Desa dan PDT, Jajang Abdullah, S.Pd., M.Si di Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi, Rabu (10/04/2019) pagi.

Foto bersama peserta pelatihan Bumdes angkatan VII Kabupaten Bekasi

Hadir dalam penutupan tersebut mewakili Kepala DPMPD Kabupaten Bekasi, Kepala Desa Hegarmukti Ajo Subarjo, Ketua BPD Hegarmukti Dedi Hendriana, S.Pd, Direktur Bumdes Hegarmukti Lestari Abdul Hay, S.Ag., M.M, para pelatih dari Kementerian Desa dan PDT serta 30 Peserta perwakilan 15 Bumdes di 8 Kecamatan se Kabupaten Bekasi.

Para peserta nampak terharu saat melepaskan tanda peserta pelatihan. Mereka saling bersalaman dengan para pelatih dan perwakilan Bumdes yang ikut serta dalam pelatihan.

“Kami berterimakasih kepada pemerintah yang membekali kami selama 6 hari dengan ilmu dan pemahaman tentang tugas dan fungsi keberadaan Badan Usaha Milik Desa,” ucap Doni ardon mewakili peserta pelatihan saat penutupan Pelatihan di RM Alam Sari Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat, Rabu (10/04/2019).

Menurut dia, sebagai peserta merasakan hal yang berbeda sebelum dan setelah mengikuti pelatihan yang dilaksanakan di Desa Mekarmukti Kecamatan Cikarang Utara sejak tanggal 5 sampai dengan 10 April 2109.

Sekretaris Bumdes Hegarmukti Lestari Doni Ardon mewakili peserta pelatihan Bumdes menyampaikan pesan dan kesan
Penyerahan cendera mata dilakukan pserta kepada pelatih dari Kementerian Desa & PDT RI

“Saya kira hanya formalitas saja, layaknya sebuah program pemerintah melalui Bimtek Biasa. Tetapi kenyataannya sungguh berbeda karena saya sebagai Pengurus BUMDes memperoleh bekal ilmu dan pengetahuan untuk mengembangkan managemen pengelolaan BUMDes yang lebih inovatif, efisien dan tepat sasaran,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Badan Penelitian dan pengembangan, Pelatihan dan informasi Balai Besar Besar Pengembangan Latihan Masyarakat Kementrian Desa dan PDT, Jajang Abdullah, S.Pd., M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa keberadaan Bumdes penting dibentuk di tingkat Desa.

“Kementerian Desa mendorong keberadaan Bumdes agar mandiri dan mampu mengelola potensi yang ada di desanya sehingga memberikan pendapatan bagi desa,” ucap Jajang.

Sekretaris Balai Besar Pengembangan Latihan Masyarakat Kementrian Desa dan PDT, Jajang Abdullah, S.Pd., M.Si menyampaikan sambutannya sealigus menutup pelatihan Bumdes di Desa Hegarmukti Kabupaten Bekasi

Kepala desa Hegarmukti Ajo Subarjo (kiri), Jajang Abdullah, S.Pd., M.Si (tengah), Abdul Hay, S.Ag., M.M

Dia berjanji akan meningkatkan alokasi dana desa lebih besar setiap tahunnya. “Untuk tahun 2019 ini junlah alokasi dana sudah mencapai 73 triliun dan akan diperbesar lagi sehingga program Bumdes dapat terbantu secara maksimal tanpa terkendala masalah dana pendampingan modal,” ujarnya.

Sementara itu Ketua BPD Desa dalam sambutannya mengatakan bahwa Desa Hegarmukti melalui Bumdes tengah mengembangkan objek wisata Rawabinong sebagai destinasi wisata unggulan di Kabupaten Bekasi.

“Alhamdulillah melalui peran Bumdes, objek wisata ini mendapat perhatian dari berbagai kalangan, khususnya pemerintah, baik pusat maupun kabupaten,” ucapnya.

Ketua BPD Desa Hegarmukti Dedi Hendriana, S.Pd memberikan sambutan dalam penutupan pelatihan Bumdes

Dedi memastikan untuk tahun 2019, Pemerintah Desa Hegarmukti akan mengalokasikan kembali bantuan penyertaan modal.

“Jumlahnya nanti kita lihat sesuai kebutuhan dan proposal yang disampaikan Bumdes,” jelasnya.

(DOMPLINK)

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *