Rakor Kesiapan Pemilu 2019, Camat Cikarang Pusat Endin Samsudin : “Bersinergi Itu Penting”

Bekasi, MITRA NEWS – Camat Cikarang Pusat Drs H Endin Samsudin, M.Si kembali mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama seluruh stakeholder se Kecamatan Cikarang Pusat di Aula Desa Cicau, Jumat (12/04/2019) pagi.

Hadir dalam rakor tersebut Danramil 012 Serang Baru Cikarang Pusat Kapten La Ode Mane, Kapolsek Cikarang Pusat AKP Somantri, Ketua PPK Cikarang Pusat Endah, Ketua Panwascam Cikarang Pusat Ahmad, Kasi Trantib Cikarang Pusat E. Damiri, seluruh Kepala Desa se Kecamatan Cikarang Pusat, pengurus Karang Taruna, pengurus Bumdes Hegarmukti Lestari, Bumdes Cicau Berkah Sakabeh, perwakilan PT Kota Delta Mas, PT Lippo Cikarang Tbk, PT Jababeka, para tokoh masyarakat, tokoh ulama dan tokoh pemuda se Kecamatan Cikarang Pusat.

Rapat Koordinasi Pemilu 2019 di Aula Desa Cicau

Camat Cikarang Pusat mengatakan bahwa Rakor kali ini adalah terkait dukungan kesiapan untuk sukseskan pemilu serentak tahun 2019 di Kecamatan Cikarang Pusat.

“Kita tinggal menghitung hari jelang Pemilu sehingga Rakor ini sudah wajib dilakukan guna lebih siapnya semua tahapan pemilu termasuk juga Kesiapan Logistik Kertas Suara, bersinergi itu penting demi suksesnya Pemilu 2019 di wilayah Cikarang Pusat,” jelas Camat.

Dia mengingatkan soal bahaya hoax yang bisa mengoyak persatuan masyarakat. Masyarakat harus mewaspadai hoax yang digunakan guna memecah belah demi kepentingan persatuan masyarakat.

“Semoga tidak ada sengketa pemilu dan tidak terjadi pemilu ulang di Kecamatan Cikarang Pusat ini, karena bila itu terjadi akan ada pemborosan keuangan. Karenanya para KPPS diharapkan memahami mekanisme pelaksanaan pemilu di TPS nya masing-masing,” harap Camat.

Ketua PPK dalam kesempatan Rakor mengatakan, penyelenggaraan pemilu 2109 akan melibatkan beberapa komponen yang berhubungan dengan kepemerintahan antara lain kesiapan pelaksanaan di tingkat kecamatan dan kemudian pelaksanaan di tingkat desa.

“Rekap hasil suara sudah berubah, jika dulu ada pleno di desa tapi untuk Pemilu 2019 kertas surat suara usai waktu pencoblosan langsung dibawa ke kecamatan untuk pleno kecamatan dan selanjutnya pleno tingkat Kabupaten,” jelas Ketua PPK.

Dalam Rakor bersama, Kapolsek Cikarang Pusat AKP Somantri memastikan kesiapan pihaknya untuk membackup pengamanan saat hari H (Pemilu).

Kapolsek Cikarang Pusat AKP Somantri didampingi Ketua Panwaslu Cikarang Pusat Ahmad

“Personil kami sudah siap dan akan diturunkan untuk pengamanan Pemilu termasuk bersinergi dengan Personil TNI dan semua stakeholder di wilayah Cikarang Pusat, termasuk juga koordinasi dengan pemerintah desa, mari kita jaga keamanan bersama” terang Kapolsek.

Sementara itu Kasi Trantib Cikarang Pusat E Damiri mengatakan bahwa penertiban alat peraga kampanye merupakan kewenangan Pol PP yang sudah direkomendasikan Bawaslu.

“Besok, mulai tanggal 13 April 2019 sampai dengan 16 kita akan coba lakukan pembersihan terkait alat peraga kampanye di seluruh jalur protokol se Cikarang Pusat,” ujarnya.

Kasi Trantib berharap keterlibatan seluruh aparatur desa untuk membantu pihaknya agar proses penyisiran alat peraga kampanye di Kecamatan Cikarang Pusat dapat berjalan dengan lancar.

Dalam pantauan MITRA NEWS, Rakor kali ini selain membahas mekanisme penyelenggaraan pemilu, juga dibahas sejumlah hal penting diantaranya regulasi bagi warga yang masuk daftar pemilih tambahan, Kesiapan pihak PLN mengantisipasi pemadaman aliran listrik saat hari H, kemudian upaya yang disiapkan aparat untuk deteksi sedini mungkin cegah tangkal untuk kerawanan Pemilu.

Hal lainnya juga dibahas terkait situasi Kecamatan Cikarang Pusat untuk pemilihan atau pemungutan suara pada tanggal 17 April nanti akan mengenal 3 sisi untuk pengamanan TPS yaitu Tidak Rawan, Rawan, dan Sangat Rawan.

(Na)

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *