Antisipasi Kerawanan di TPS, Kades Hegarmukti Turun Langsung

Bekasi, MITRA NEWS – Kepala Desa Hegarmukti Ajo Subarjo turun langsung mengawal pendistribusian logistik Pemilu 2019 yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Hegarmukti ke seluruh TPS, Selasa (16/04/2019) pagi. Pengawalan dilakukan Kepala Desa guna memastikan kesiapan petugas KPPS dan mengantisipasi kerawanan Pemilu 2019 di wilayah desa yang dipimpinnya.

“Hari ini PPS Desa Hegarmukti mendistribusikan logistik Pemilu 2019 ke 34 TPS yang tersebar,” ucap Kepala Desa saat ditemui MITRA News di TPS 27 Perumahan Puri Insani Tegal Danas.

Pengiriman logistik Pemilu 2019 dimulai dari TPS 27 Perumahan Puri Insani Tegal Danas

Dia mengatakan, ada sebanyak 170 kotak suara yang didistribusikan ke masing-masing TPS. Proses distribusi logistik tersebut dengan menggunakan truk dan dikawal langsung oleh aparat kepolisian serta anggota TNI AD bersama petugas Linmas.

Serah terima kotak suara di TPS 24

“Hal ini dilakukan demi menjaga keamanan dan kelancaran selama proses pendistribusian,” ujarnya.

74.713 TPS di Jabar Kategori Rawan

Sebelumnya, Komisoner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat, Loly Suhenti mencatat 74.712 tempat pemungutan suara (TPS) dari 138.067 TPS di Provinsi Jabar masuk dalam kategori rawan.

Loly mengkategorikan kerawanan berdasarkan klasifikasi yang telah ditetapkan Bawaslu Pusat.

Komisoner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat, Loly Suhenti

”Dari hasil pemetaan, ternyata kita punya 63.355 TPS yang tidak rawan. Sisanya, 74.712 TPS kategorinya rawan,” ungkap Lolly.

Dia menjelaskan, TPS dikatakan rawan jika rentan terhadap sejumlah persoalan, seperti keamanan, keutuhan logistik, politik uang, dan netralitas aparatur sipil negara (ASN).

Selain itu, TPS pun disebut rawan jika rentan terhadap praktik politisasi suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).

Meski tidak merinci di dae­rah mana saja TPS rawan tersebut berada, namun Lolly menyebut, TPS di Ka­bupaten Bogor menjadi yang paling rawan karena banyaknya indikator kerawanan yang menyertainya.

(DOM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *