Sukabumi, MITRA NEWS – Dalam upaya melawan penyebaran ujaran kebencian (Hate Speech) yang berisi isu SARA dan berita bohong (Hoax), Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Aman menggelar pengajian dengan tema “Ngaji Kebangsaan”. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin di Ponpes Al-Aman, pada hari Sabtu, tanggal 13 April 2019, Jl.Cimanggu, No 26 Rt 19 Rw 07 Kp. Cimanggu, Desa Cimanggu, Kec.Cimanggu, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Dalam pantauan MITRA NEWS, Ngaji Kebangsaan yang dilaksanakan di Ponpes Al-Aman, pada hari Sabtu, tanggal 13 April 2019 dihadiri oleh sekitar 300 orang para pemuda NU, para Nahdliyin se-Pajampangan, para Pimpinan Ponpes, Kyai, Santri, Pemuda, Pelajar, Tokoh Masyarakat dan Tokoh agama Kabupaten Sukabumi.

Ngaji Kebangsaan

Kyai Masmu Fudholy selaku Panitia Penyelenggara dan juga Pimpinan Ponpes Al-Aman serta Ketua Komunitas Nahdiyin Ngopi Trip (NOT), menyampaikan bahwa kegiatan Ngaji Kebangsaan tersebut merupakan salah satu program dari komunitas yang dia bentuk sejak tahun 2017 yaitu komunitas NOT.

“Salah satu tujuan dibentuknya komunitas tersebut untuk melawan penyebaran ujaran kebencian (Hate Speech) yang berisi isu sara dan berita bohong (Hoax) yang tentunya dapat memecah belah umat dan membahayakan bagi keutuhan NKRI, untuk itu mari sama-sama kita lawan berita hoax dan jangan mudah terpengaruh ataupun terprovokasi oleh ujaran kebencian,” katanya.

Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut adalah untuk menumbuhkan dan memupuk rasa kecintaan serta spirit kebangsaan dengan menitikberatkan pada nilai-nilai keislaman ahli sunnah waljamaah (Aswaja) agar tercipta keharmonisan dalam beragama, berbangsa dan bernegara.

“Kita harus waspada dan antisipasi terhadap penyebaran faham dan juga aktifitas yang dilakukan oleh kelompok radikal maupun intoleran yang saat ini marak terjadi, mari kita jaga kondusifitas kamtibmas di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Ditambahkannya bahwa tahun 2019 merupakan tahun politik. Maka, sebagai warga negara yang baik tentunya harus menggunakan hak pilihnya saat Pemilu 2019 dan turut bersinergi dengan aparat kepolisian guna mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, damai dan kondusif di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Adapun para penceramah pada acara tersebut, yaitu Habib Muksin bin Abdullah bin Zain bin Abdullah bin Muhsin Al Athos (Bogor) dan Kyai Yayan Bunyamin (Direktur Aswaja Centre) serta kyai Ahmad Syarif (Inisiator Asfaranom Jabar).

Sampai dengan selesai, acara berjalan dengan lancar dan sukses. Para peserta yang hadir pun terlihat sangat antusias.

(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *