Peringatan Nuzulul Qur’an 1440H, Plt Bupati Bekasi Ingatkan Pentingnya Menjaga Silaturahmi

Bekasi, MITRA NEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menggelar peringatan Nuzulul Qur’an tingkat Kabupaten Bekasi 1440 H/2019 M di Mesjid Al-Furqon, Desa Waluya Kecamatan Cikarang Utara, Rabu (22/5/2019).

Sedikit berbeda dengan peringatan Nuzulul Qur’an tahun sebelumnya, acara kali ini dirangkaikan dengan Safari Ramadhan, penutup dari rangkaian Safari Ramadan yang sudah berlangsung di 4 Kecamatan, yaitu Cabangbungin, Kedungwaringin, Bojongmangu dan Tarumajaya.

“Peringatan Nuzulul Qur’an dimaksudkan agar kita semua dapat mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. Salah satu hikmah tersebut adalah bacalah (Iqra), artinya perintah untuk membaca semua ciptaan Allah, baik tersurat maupun tersirat,” ujar Plt. Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja dalam sambutannya.

Meurutnya, Nuzulul Qur’an adalah malam diturunkannya ayat ayat Allah kepada Nabi Muhammad melalui perantara Malaikat Jibril. Ayat-ayat tersebut sebagai pedoman hidup dan penuntun langkah umat Nabi Muhammad dan disusun menjadi kitab suci Alqur’an bagi seluruh penganut agama Islam.

“Makna Al-Qur’an merupakan landasan dasar menuju perubahan,” terang Eka.

Ditambahkannya bahwa konsep menghatamkan Alquran bukan sebatas mengkhatamkan 30 juz atau menghafalkan 30 jus saja. Tapi, bagaimana agar seluruh umat Islam bisa memahami makna Alquran dimulai dari Iqra’ pertama sampai terakhir.

“Semoga melalui peringatan Nuzulul Qur’an tahun ini kita bisa mengetahui makna-makna yang terkandung di dalam Al-Qur’an dan mudah-mudahan semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita pada Allah SWT,” tambah Eka kembali mengingatkan.

Tidak berbeda dengan sambutan di beberapa kesempatan sebelumnya, Plt Bupati Bekasi mengingatkan
pentingnya menjaga tali silaturahmi antar masyarakat, khususnya pasca Pemilu 2019.

“Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan hasil pemilu serentak yang diselenggarakan pada 17 April kemarin, apapun hasilnya mari kita terima dengan lapang dada dan tidak perlu ada aksi anarkis, apabila ada ketidakpuasan agar diselesaikan melalui jalur yang sesuai perundang-undangan,” pungkasnya.

Serangkaian acara peringatan Nuzulul Qur’an tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2019 berjalan dengan lancar dan sukses.

Pada akhir acara, Plt Bupati Bekasi secara symbolis memberikan bantuan berupa santunan terhadap anak-anak yatim dan dhuafa. Selain itu, Plt Bupati Bekasi juga memberikan bantuan untuk Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Basnaz) Kabupaten Bekasi.

Hadir dalam acara tersebut unsur Muspida Kabupaten Bekasi, para Camat, para alim ulama, serta tokoh masyarakat se-Kabupaten Bekasi.

(***)

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *