Bekasi, MITRA NEWS – Biasanya sepanjang jalan umum berdiri lampu PJU (penerangan jalan umum). Tak lain untuk menerangi agar tidak begitu gelap saat malam hari. Pengguna jalan pun merasa lebih nyaman saat melintas, khususnya pejalan kaki.

Namun sayangnya, tak semua jalan terpasang PJU, tepatnya sepanjang jalan di jalur Puri Insani, RT 01 dan RT 02, RW 12 Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Jalur lintas yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat saat terjadi macet di jalur Kalimalang arah Pasar Tegal Danas ini belum difasilitasi lampu penerangan jalan oleh PLN. Sehingga sepanjang jalan sangat gelap dan rawan saat malam hari. Padahal di daerah tersebut sudah terpasang tiang listrik.

“Kalau tiang listriknya kan sudah ada. Warga juga tidak sambung-sambung listrik lagi ke tetangganya. Tapi lampu penerangan jalan yang belum ada,” terang Kepala Dusun 3 Desa Hegarmukti, Dedi di lokasi pemasangan lampu penerangan jalan, Kamis (23/05/2019) malam.

Persiapan sebelum pemasangan lampu penerangan jalan di jalur Puri Insani.

Khusus untuk jalur Puri Insani ini ada delapan titik yang perlu dipasangi lampu penerangan jalan. Namun karena belum berdiri tiang lampu, pengguna kendaran bermotor hanya mengandalkan lampu kendaraannya atau penerangan dari rumah warga yang jaraknya cukup jauh.

Kepala Dusun 3 Desa Hegarmukti, Dedi sedang memasang penerangan jalan umum dibantu warga RT 01/12 Budiono
Kepala Dusun 3 Desa Hegarmukti, Dedi usai pemasangan PJU jalur Puri Insani

Menurutnya, daerah yang gelap tersebut cukup rawan terjadi tingkat kriminal. Jalur tersebut juga kerap dijadikan anak muda berkumpul berpasang pasangan.

“Alhamdulillah inisiatif ketua RT 01 dan 02, beberapa titik jalan telah dipasangi tiang lampu secara mandiri tanpa meminta biaya dari pemerintah,” kata Ketua RW 12, Daman menambahkan.

Ketua RT 02/12 Cluster Casman Puri Insani, Cucu membenarkan lampu penerangan jalan dipasang atas inisiatif para ketua RT di wilayah RW 12 Dusun 3 Desa Hegarmukti.

“Usulan disampaikan ketua RT 01 kang Doni yang mengajak patungan untuk membiayai pemasangan jalan umum di jalur Puri Insani,” ucapnya.

(DOM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *