Terobosan, Forum Bumdes Kabupaten Bekasi Hadirkan Investor Bebas Riba dan Tanpa Jaminan

Bekasi, MITRA NEWS – Setelah melewati pelatihan yang digelar Balai Besar Pengembangan Latihan Masyarakat Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi dan mempelajari beragam kendala BUMDES dalam mengembangkan usaha dan potensi desa yang dimiliki, BUMDES Hegarmukti Lestari inisiatif menghadirkan kerjasama investasi bebas riba dan tanpa jaminan.

“Inisiatif ini kami tawarkan kepada teman teman BUMDES se Kabupaten Bekasi melalui Forum BUMDES Kabupaten Bekasi dan alhamdulillah gayung bersambut, rupanya ketua forum kang Fakhriza memiliki pemikiran yang sama,” ujar Sekretaris BUMDES Hegarmukti Lestari, Doni Ardon.

Sekretaris BUMDES Hegarmukti Lestari, Doni Ardon saat memperkenalkan investor usaha Bumdes

Rencananya, dalam waktu dekat akan dilakukan kerjasama mendatangkan investor untuk bantuan permodalan terhadap Bumdes dan membentuk semacam holding company serta koperasi sebagai aktivitas keuangan.

“Harapannya, kerjasama ini diketahui Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Bupati dan Dinas terkait serta disaksikan oleh jajaran DPRD sehingga nantinya potensi yang ada di setiap wilayah desa dapat dikerjasamakan dalam kerangka usaha desa yang dikembangkan masing-masing Bumdes,” harap Ketua perkumpulan pengusaha Media Online Indonesia wilayah Bekasi Raya dan sekretaris di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Secara terpisah, Ketua Forum BUMDES Kabupaten Bekasi, Fakhriza menyambut baik inisiatif yang ditawarkan BUMDES Hegarmukti Lestari.

“Inisiatif yang ditawarkan kang Doni sangat inovatif, kreatif dan edukatif, sehingga menyelesaikan permasalahan yang dihadapi BUMDES,” ujarnya.

Diakui Fakhriza, hal tersebut, sempat terpikirkan olehnya sehingga menjadi gayung bersambut.

“Saya sempat kepikiran membangun sebuah holding company untuk menggalang kerjasama investasi bagi potensi desa di seluruh Kabupaten Bekasi dan targetnya se Provinsi Jawa Barat,” harapnya.

Selain mendatangkan investor, langkah berikutnya Forum BUMDES Kabupaten Bekasi menginventarisasi produk-produk unggulan perdesaan melalui BUMDES untuk dihubungkan dengan pasar yang lebih luas dan ekspor ke luar negeri.

Toko BUMDES yang dikembangkan Bumdes Pasir Sari
Mesin penghancur sampah, inovasi yang dikembangkan salah satu Bumdes di Kabupaten Bekasi

“Proses mendatangkan investasi sedang kami rancang bentuk kerjasama, teknikal dan regulasinya, targetnya setelah lebaran sudah dapat dikerjasamakan,” harap Fakhriza.

Sementara itu, Direktur Utama PT MWM, Agus Sudarmadi mengaku tertarik dengan konsep usaha BUMDES yang digagas Presiden Jokowi melalui program Nawacita kedua. Untuk itulah pohaknya siap mendatangkan investasi sebanyak banyaknya ke Kabupaten Bekasi melalui kesepakatan BUMDES.

“Permodalan yang diberikan tentunya bebas Riba dan tanpa jaminan, sharing profitnya akan dibahas bulan Juni ini,” terang Agus didampingibrekannya Dasep

Diakuinya bahwa BUMDES memiliki potensi usaha yang menarik untuk dibiayai. “Nanti kita pilah, investor mana yang tepat untuk dikerjasamakan dengan Bumdes ini,” jelas sosok yang malang melintang di dunia perbankan dan finance sejak 20 tahun silam.

(DOM)

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *