Salah satu faktor objek wisata diminati pengunjung adalah pemandangan Matahari terbenam yang menawan tanpa harus bersusah payah untuk menjangkaunya.

BERIKUT ini 10 lokasi untuk menikmati sunset terindah di Indonesia bagi Anda yang tidak ingin bersusah payah untuk dapat menjangkaunya. Dalam arti, keindahan wisata alam yang direkomendasikan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan mobil penumpang dan tentunya, sepeda motor hingga ke tempat lokasi wisata!

1. Sunda Kelapa, DKI Jakarta

Pelabuhan yang lokasinya tidak jauh dari Kawasan Kota Tua ini merupakan cikal bakal terbentuknya kota Jakarta.

Untuk mendapatkan foto sunset terbaik, datanglah sekitar pukul 16:00 WIB pada saat cuaca sedang cerah untuk menantikan detik-detik terbenamnya matahari. Ketika senja tiba, siluet-siluet kapal dapat terlihat dari pinggir dermaga.

Namun, jika mendung pun, Sunda Kelapa merupakan spot hunting foto populer di Jakarta. Anda bisa menjepret barisan kapal pinisi atau aktivitas kuli yang sedang bekerja menaik-turunkan barang ke kapal.

Pelabuhan Sunda Kelapa sangat mudah ditempuh dengan menggunakan sepeda motor dan mobil. Bisa juga ditempuh dengan kendaraan umum, bus Transjakarta dan kereta. Ada banyak pilihan daftar pemberhentian terdekat menuju pelabuhan Sunda Kelapa dengan menggunakan Bis atau Kereta.

2. Situ Rawa Binong, Bekasi

Bekasi, tidak hanya terkenal dengan industrinya saja, tetapi memiliki pemandangan alam Situ Rawa Binong yang luar biasa indahnya. Objek wisata ini berada diantara lokasi pedesaan (Desa Hegarmukti) dan Kota Modern Delta Mas Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi.

Kelebihan Situ Rawa Binong adalah kemudahan akses hanya 100 meter dari pintu tol Cikarang Pusat dan didukung jalan utama selebar row 25 dengan fasilitas kendaraan umum sejenis angkot.

Setiba di Situ Rawa Binong, Anda akan disuguhkan panorama alam yang sejuk dan sunset serta sunrise yang sangat menawan. Salah satu cara menikmati sunset dan sunrise adalah dengan menjelajahi sepanjang Situ Rawa Binong menggunakan sepeda dan berteduh di Rumah Singgah dan Saung Sauyunan.

Sambil menikmati pemandangan matahari terbenam, Anda juga bisa berkeliling dengan perahu. Bahkan jika beruntung, kegiatan masyarakat yang sedang memancing di kala senja akan membuat Anda berasa sedang berada di pedesaan yang sangat jauh dari hingar bingar perkotaan.

3. Pura Tanah Lot, Bali

Bali menyimpan sejuta keindahan alam yang tetap terjaga hingga saat ini. Di Bali juga ada banyak tempat terbaik untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam. Salah satunya adalah Pura Tanah Lot yang juga merupakan salah satu Wisata Budaya di Indonesia.

Jika Anda ingin berkunjung ke sana, ada baiknya datanglah pada saat sore menjelang senja.

Di Tanah Lot, pura yang berada di tepi laut akan terlihat indah dengan pemandangan matahari senja. Selain itu, objek wisata ini juga memiliki pantai indah dengan deburan ombak yang besar sehingga suasana matahari tenggelam akan lebih menarik lagi.

Sarana transportasi umum untuk menuju ke tempat wisata Tanah lot bisa menggunakan jasa sewa mobil murah lengkap dengan supir, atau bisa juga dengan Taksi.

Dari Bandara Ngurah Rai menuju lokasi pura Tanah Lot dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam 20 menit.

4. Kalibiru, Yogyakarta

Kalibiru adalah salah satu spot foto di Yogyakarta yang mulai dikenal dan ramai dikunjungi wisatawan. Berada di kawasan Pegunungan Menoreh, Kalibiru ini memiliki pemandangan alam yang menawan dengan suhu udara yang sejuk.

Lokasi ini juga merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menikmati sunset di Yogyakarta selain Candi Ratu Boko. Anda bisa naik ke Menara Pandang di Kalibiru untuk melihat pemandangan matahari terbenam dari ketinggian.

Pemandangan matahari terbenam di Kalibiru juga semakin menarik dengan latar belakang Waduk Sermo yang akan terlihat berkilauan. Jika Anda berkunjung ke Kulon Progo, maka lokasi ini bisa dijadikan alternatif untuk menikmati sunset terbaik di Jogja.

Untuk menuju Kalibiru, bisa ditembuh dengan kendaraan bermotor kurang lebih 1 hingga 1 1/2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta. Tapi pastikan kendaraanmu dalam kondisi fit, karen jalannya cukup menanjak.

5. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo di Jawa Timur tidak hanya terkenal akan sunrise-nya saja. Pemandangan matahari terbenam di Bromo juga menawan dan menarik mata para wisatawan yang hadir ke sana.

Gunung berapi yang masih aktif ini memang sudah mendunia kepopulerannya. Hal ini dikarenakan panorama gunung di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memang sangat indah.

Kawasan wisata Gunung Bromo memiliki ketinggian hampir 2.400 meter di atas permukaan laut. Titik terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam adalah di Punjak Penanjakan Bromo. Semburat suasana jingga akan memanjakan mata dan sayang jika tidak diabadikan dengan kamera.

Banyak jalan untuk menjangkau Gunung Bromo. Jalur menarik adalah dari Malang. Para traveller sengaja lewat jalur Malang untuk bisa mampir di air terjun Coban Pelangi yang tak kalah indah.

6. Pantai Carita, Banten

Lokasi wisata pantai Carita Banten ini cukup mudah dijangkau. Karena berada tepat di sebelah kanan jalan utama jika anda keluar di exit tol Serang Barat (bukan Cilegon).

Hal paling menarik yang bisa anda nikmati di pantai Carita ini adalah cantiknya sunset yang menghilang di balik cakrawala secara sempurna. Ini terjadi karena ombak pantai ini cenderung kecil atau tenang.

Sehingga jika anda berdiri di tepi pantai, maka garis cakrawala terlihat jelas dan tidak terhalang oleh ombak. Selain pemandangan cantik ini, Carita juga dikenal dengan kelembutan pasir putihnya.

7. Danau Toba, Sumatera Utara

Siapa yang tidak kenal Danau Toba yang legendaris itu? Danau besar yang berada di Sumatera Utara ini adalah salah satu danau di dataran tinggi yang menarik untuk diekplor lebih lanjut lagi.

Danau Toba tidak hanya terkenal akan Pulau Samosir yang ada di tengahnya saja. Danau yang terbentuk akibat letusan vulkanik Gunung Toba Purba ini juga terkenal akan pemandangan matahari terbenamnya yang menawan.

Jika Anda berkunjung ke Sumatera Utara, Danau Toba pasti menjadi salah satu destinasi impian Anda. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pemandangan sunset di Danau Toba dan juga menginap di sekitarnya.

Rute ke danau toba dari Jakarta cukup mudah berkat kemajuan teknologi. Anda bisa mencapai Danau terbesar di Indonesia ini dengan 3 jalur yakni darat, udara, dan laut. Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa membawa ke Danau Toba. Beberapa diantaranya adalah Bus, Pesawat dan Kapal laut.

8. Pulau Belitung

Jika ingin mendapatkan pemandangan spot sunset terbaik di Belitung, tidak ada salahnya mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi.

Pantai Tanjung Tinggi terletak 30 kilometer dari Tanjung Pandan. Pantai ini merupakan ikon pariwisata Kabupaten Belitung. Memiliki luas 80 hektare, Tanjung Tinggi terlihat eksotis dengan pemandangan pasir putih dan air laut berwarna biru toska.

Menjelang sore hari, jangan lewatkan untuk menikmati keindahan sunset terbaik di sini. Langit berwarna orange menghiasi pantai yang dipenuhi dengan ratusan bebatuan granit dengan bentuk unik.

Untuk akses ke pantai di pulau Belitung dari Jakarta, bisa ditempuh hanya 1 jam perjalanan saja dan setelah sampai di Tanjung Pandan bisa menggunakan angkot.

9. Ngarai Sianok, Sumatera Barat

Tempat sunset terindah di Sumatera Barat ini mempunyai dua dinding tinggi yang hampir vertikal dan juga saling berhadapan. Tingginya kurang lebih 100 hingga 200 meter dan panjangnya kurang lebih sekitar 15 kilometer!.

Ngarai Sianok ini tempat terindah di Sumatera Barat, apalagi di saat matahari terbit dan juga tenggelam.

Cara mudah mengunjungi lembah yang sangat megah ini, Dari bandara internasional Minangkabau, Anda bisa naik mobil sewaan atau minibus dengan rute Padang-Bukittinggi menuju ke Bukit Tinggi. Jarak antara Padang dan Bukit Tinggi adalah 90 KM. Nah, letak Ngarai Sianok sendiri sekitar 1 KM sebelah barat daya Bukittinggi. Pengunjung bisa naik mobil pribadi atau sado / andong dari pusat kota ke Panorama Park yang terletak di Panorama Street sambil menikmati cuaca yang sejuk di Bukittinggi.

10. Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat

Gili Trawangan adalah salah satu lokasi wisata di Lombok yang memang sangat terkenal akan panorama matahari senjanya.

Hal menarik dari sunset di Gili Trawangan adalah wisatawan bisa melihat siluet Gunung Agung yang berada di Pulau Seberang, Bali.

Di sana ada juga beberapa ayunan di pantai yang menarik untuk dijadikan spot foto saat matahari mulai tenggelam dengan semburat jingganya. Siapkan kamera terbaik Anda untuk mengabadikan momen tersebut.

Terkait rute dan transportasi dari Bandar Udara Internasional Lombok ke Gili Trawangan sudah ada travel (sharing shuttle atau private shuttle) yang menyediakan jasa transportasi point to point dari Bandara Internasional Lombok ke Gili Trawangan/ Bangsal dan sebaliknya (PP).

(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *