DPMPD Kabupaten Bekasi Gelar Pelatihan Tata Kelola Bumdes

Bekasi, MITRA NEWS – Dalam rangka meningkatkan kapasitas pengelolaan badan usaha milik desa agar transparan efektif efesien dan akuntabel, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Kabupaten Bekasi menggelar Pelatihan Tatakelola Badan Usaha Milik Desa Se-Kabupaten Bekasi di Hotel Grand Cikarang, Kabupaten Bekasi, Senin (24/6). Pelatihan ini di ikuti 90 ketua Bumdes dan 90 Kepala Desa se Kabupaten Bekasi.

Hadir dalam kegiatan tersebut mewakili Balai Besar Pelatihan Kemendes PDT RI, Arif, pejabat DMPPD Kabupaten Bekasi Neneng, wakil ketua Forum Bumdes Kabupaten Bekasi Enjay dan sekretarisnya Putri.

Pada awal sambutannya, mewakili Balai Besar Pelatihan Kemendes RI Arif menyampaikan harapannya agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius sehingga mampu menumbuhkembangkan perekonomian rakyat, menciptakan lapangan kerja dan kesempatan berusaha bagi masyarakat yang pada gilirannya dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan keluarga.

“Saya bangga dengan kekompakan Kepala Desa dan Bumdes di Kabupaten Bekasi ini, karena di beberapa daerah, kepala desa dengan Bumdes ibarat air dengan minyak,” kata Arif.

Dijelaskannya bahwa untuk menunjang perekonomian desa, keberadaan Bumdes diperkuat melalui UU No 6 Tahun 2014 tentang desa. “Secara substantif hal ini menunjukan komitmen negara untuk memberikan otonomi yang lebih nyata kepada desa, sekaligus mendorong kemandirian yang lebih kuat kepada Desa. Karena melalui Bumdes, setiap desa secara leluasa dapat menggali dan memaksimalkan berbagai potensi dan sumber daya yang dimilki untuk dikontribusikan bagi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa,” jelasnya.

BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa, tambahnya, merupakan salah satu upaya untuk memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi yang ada.

Kepala DPMPD Kabupaten Bekasi, Ida Farida

Berdasarkan pantauan MITRA NEWS, Pelatihan Tata Kelola Bumdes se Kabupaten Bekasi yang digelar tersebut sekaligus serah terima jabatan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa dari pejabat sebelumnya Aat Barhaty kepada Ida Farida yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Sementara itu, Kepala Desa Hegarmukti Ajo Subarjo didampingi Bendahara Desa, Udin menyambut baik kegiatan pelatihan Tata Kelola Bumdes yang diselenggarakan DPMPD Kabupaten Bekasi.

“Kami hadir hari ini karena serius dengan rencana peningkatan ekonomi desa melalui keberadaan Bumdes dan alhamdulillah kita sinergi sehingga beberapa inovasi usaha sudah tersusun menjadi sebuah grand desain Desa Wisata melalui pengembangan objek wisata Rawabinong,” ungkapnya.

Menghadiri kegiatan Pekatihan Tata Kelola Bumdes, Kepala Desa Hegarmukti Ajo Subarjo (kiri), Bumdes Hegarmukti Lestari Doni Ardon (tengah), bendahara desa Udin (kanan)

Ajo mengatakan, untuk menunjang SDM pengurus Bumdes di desanya, dalam setiap kegiatan pelatihan yang digelar Balai Besar Pelatihan Kemendes RI melalui DPMPD Kabupaten Bekaai, selalui diikuti oleh Bumdes Hegarmukti Lestari.

“Insya Allah, kita akan menjadi unggulan di Kabupaten Bekasi dan memberi harum Kabupaten Bekasi ke publik tanah air, khususnya para wisatawan domestik dan mancanegara,” harap Ajo Subarjo.

(DOM)

Artikel yang Direkomendasikan