26/01/2021

BPJS Kesehatan Sambangi Desa Hegarmukti

Bekasi, MITRA NEWS – Desa Hegarmukti merupakan desa di Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi yang menjadi sasaran program Desa Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Konsep Desa JKN merupakan terusan dari Program Gandrung JKN (Gerakan Desa Urun Bareng – Jaminan Kesehatan Nasional) sinergi BPJS Kesehatan dan Pemerintah Kabupaten Bekasi dengan memanfaatkan teknologi informasi (SMART Kampung),” ucap perwakilan BPJS Kesehatan Kabupaten Bekasi, Yosma di hadapan perangkat desa Hegarmukti, BPD, ketua RT, ketua RW dan Kadus pada saat rapat Minggon di Desa Hegarmukti, Kamis (4/7/2019).

Menurut dia, salah satu upaya kemandirian masyarakat, konsep desa JKN meliputi empat aspek yaitu kepesertaan JKN, pengumpulan iuran, pelayanan kesehatan dan pojok layanan peserta.

“Tujuannya, dengan Desa JKN dapat dibentuk Desa yang mampu memandirikan penduduknya untuk dapat berswadaya dan swadana bergabung menjadi peserta JKN dan dapat menunjang peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Kepala Desa Hegarmukti Ajo Subarjo menyatakan bahwa Desa Hegarmukti termasuk satu desa yang diunggulkan, khususnya dalam hal kepariwisataan.

“Upaya menuju Desa Wisata sebagaimana digaungkan BUMDESa Hegarmukti Lestari, sangat layak program JKN diadkan di desa ini,” ucapnya.

Sehingga, dengan adanya Desa JKN, masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan BPJS Kesehatan, khususnya layanan pendaftaran peserta.

“Jadi tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan, masyarakat dapat melakukan pendaftaran secara mandiri di kantor desa Hegarmukti,” terangnya.

Adapun jadwal pendaftaran BPJS Kesehatan di Desa Hegarmukti akan dilaksanakan pada Selasa, 09 Juli 2019 pukul 10:00 wib sampai dengan 14:00 wib.

Sebagai informasi bahwa untuk bisa mendaftarkan sebagai peserta JKN, beberapa persyaratan harus dibawa, seperti fotocopy KTP, KK, buku tabungan (Bank Mandiri, BNI, BRI) mengisi formulir dan membawa materai 6.000.

“Untuk iuran bulanan kami bagi menjadi 3 pilihan kelas rawat, yakni kelas 1 sebesar 80 ribu, kelas 2 sebesar 51 ribu dan kelas 3 sebesar 25.500,” tambah Yosma.

(DOM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *