22/01/2021

Mengembangkan Desa, BUMDESA Harus Gencar Promosi via Testimoni dan Media

Jakarta, MITRA NEWS – Potensi Badan Usaha Milik Desa (BUMDESA) jika dikelola dengan inovatif dan maksimal dapat mendongkrak pembangunan desa. Hal itu disampaikan Direktur Bumdesa Hegarmukti Lestari, Doni Ardon usai kegiatan Bakti Sosial bersama Kakorbinmas Polri, Irjen Pol Drs Heri Wibowo di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Minggu (22/12/2019). 

“BUMDESA adalah bagian dari desa yang bisa menggerakkan roda perekonomian desa. Ini wujud secara nyata bagaimana penanggulangan kemiskinan di tengah masyarakat dan bagaimana desa secara mandiri atau swadaya membiayai sendiri pembangunan yang ada,” terangnya.

Doni Ardon membeberkan, saat ini dari 5.312 desa di Jawa Barat, baru 69,5 persen atau 3.695 di antaranya yang sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa atau BUMDESA.

Dari BUMDESA yang ada, katanya, beberapa di antaranya belum bisa eksis karena baru melayani desa sendiri dan sebagian masih meraba-raba jenis usaha yang akan dikembangkan.

“Akses pemasaran produk Bumdes yang sudah berjalan masih skala lokal dan hal ini tentunya perlu diingkatkan akses pemasaran ke level kecamatan, kabupaten, provinsi atau nasional. Bila memungkinkan dapat menggandeng keberadaan UKMKM di wilayah desanya masing-masing,” terang Doni Ardon.

Kerjasama mengembangkan potensi wisata Situ Rawabinong antara Direktur Bumdesa Hegarmukti Lestari, Doni Ardon dan Kepala Desa Hegarmukti, Ajo Subarjo

Direktur Pembinaan dan Organisasi Dewan Pimpinan Pusat Media Online Indonesia (DPP MOI) itu menambahkan, pemasaran produk BUMDESA harus gencar dilakukan, baik melalui media online maupun media sosial karena mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

“Selain memanfaatkan keberadaan media online dan media sosial, promosi BUMDESA juga bisa dengan menggunakan testimoni konsumen yang pernah menggunakan jasa dan produk BUMDESA tersebut. Karena promosi dari mulut ke mulut cukup efektif dalam menggaet konsumen”.

“Jangan lupa minta testimoni karena promosi yang paling efektif itu sebenarnya berupa pengakuan yang disampaikan secara lisan oleh pengguna yang sudah memanfaatkannya, lalu sebarkan melalui mulut ke mulut dan via media”.

Pengembangan potensi wisata dilakukan Bumdesa Hegarmukti Lestari dengan bekerjasama pers tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Media Online Indonesia (MOI), Ikatan Wartawan Online (IWO), Pokja Wartawan Kabupaten Bekasi, Paguyuban Wartawan Polres Metro Bekasi, Komite Peduli Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI) dan para pemilik media online

Doni Ardon berharap, pengembangan BUMDESA ke depannya semakin maju dengan menerapkan inovasi dan konsep ATM, yakni Amati, Tiru dan Modifikasi “Semoga BUMDESA kami, Hegarmukti Lestari berkembang terus khususnya dalam hal pengelolaan wisata dan pengembangan potensi lainnya yang ada di wilayah Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat,” harapnya.

Rencananya, Doni Ardon akan menggandeng kerjasama terhadap UKM IKM Nusantara guna memanfaatkan kerjasama 4 Kementerian yang siap terjalin, yakni Kementerian Desa & PDT RI, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Sosial dan Kementerian Pariwisata. (Yanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *