Catat! 5 Rute Praktis Keliling Eropa

Direktur MOI Liburan ke Eropa

Turki, MITRA NEWS – Eropa sangatlah luas dan butuh itinerary yang tepat untuk mengelilinginya. Jangan kuatir, usai melakukan liburan keliling Eropa, Direktur Pembinaan dan Organisasi Dewan Pimpinan Pusat Media Online Indonesia, Doni Ardon memberikan 5 rute praktis yang bisa jadi panduan Anda.

Mulai dari Eropa Barat hingga Mediterania, berikut kumpulan rute yang disusun detikTravel, Kamis (3/4/2013):

1. Eropa Barat

Untuk menjelajahi kawasan Eropa Barat, Anda bisa memulai petualangan dari Inggris tepatnya London. Di sana, Anda bisa berkeliling ibukota Inggris sambil mendatangi landmark di sana antara lain London Eye, Tower Bridge, dan Big Ben.

Selesai dari London, lanjutkan perjalanan ke Paris di Prancis. Jangan lupa berfoto romantis di Menara Eifel dan Museum Louvre. Puas di Paris, Anda bisa berlanjut ke Swiss tepatnya ke Jungfrau. Inilah tempat terbaik menikmati Swiss dari ketinggian, sambil menikmati salju nan putih.

Swiss selesai, mari berlanjut ke Italia. Tengok langsung Menara Pisa yang miring dan jelajahi Florence dengan segala keromantisannya. Tak lupa, cicipi pizza dan pasta yang terkenal kelezatannya.

Roma menjadi destinasi selanjutnya. Ibukota Italia yang kental dengan sejarah dan budayanya nan kaya ini tak bisa dilewatkan begitu saja. Jejaki sendiri Piazza Navona, Colloseum, Pantheon, Spanish Step, dan tak lupa, Trevi Fountain.

Masih di jantung Roma, Anda bisa melancong ke negara terkecil di dunia yaitu Vatikan. Jangan heran jika Vatikan dipenuhi banyak wisatawan karena pemilihan Paus baru saja selesai berlangsung. Setelah Roma, ada Venesia. Inilah kota paling romantis di Italia. Cobalah naik gondola dan nikmati pemandangan sambil dinyanyikan dengan alunan nada romantis.

Dari Italia, Anda bisa traveling ke Jerman tepatnya Berlin. Satu yang tak bisa dilewatkan adalah melancong ke reruntuhan Tembok Berlin, sebelum benar-benar hancur. Munich juga masuk dalam itinerary wajib karena banyak destinasi yang bisa ditengok di sana antara lain kastil-kastil, Sungai Rhine dan lainnya.

Terakhir, Anda bisa melancong ke Belanda yaitu Amsterdam dan Volendam. Di Volendam, ada pemandangan khas Belanda yaitu pedesaan dengan kincir angin atau windmollen. Sedangkan di Amsterdam, Anda bisa menghabiskan waktu berkeliling dengan sepeda. Atau menikmati pemandangan dari kanal dan melewatkan malam di Red Light District.

Masih ada negara-negara di Eropa Barat yang bisa didatangi. Namun karena banyaknya negara, rasanya tak mungkin mengunjungi semua negara. Anda pun bisa memilih negara-negara yang ingin didatangi. Masih ada Irandia yang memiliki Dublin, Portugal dengan Lisboanya, atau Spanyol dengan Madrid dan Barcelonanya. Jika memiliki waktu yang cukup banyak, saat mengunjungi Belanda, Anda bisa melanjutkan ke Belgia.

Rute 1: Irlandia-Inggris-Belanda-Jerman-Prancis-Swiss-Italia
Rute 2: Spanyol-Portugis-Prancis-Belanda-Jerman-Belgia-Swiss-monaco
Rute 3: Italia-Monaco-Swiss-Paris-Jerman-Belanda-Inggris

2. Eropa Timur

Saat semua destinasi di Eropa Barat sudah dijelajahi, kini saatnya merambah ke Eropa Timur. Ada Ljubljana di Slovenia yang jadi kota paling cantik di Eropa Timur. Berada di dekat Pegunungan Alpen, Ljubljana sangat pas untuk dijelajahi dengan sepeda.

Juga, ada Kota Mostar di Bosnia yang memiliki jembatan Stari Most yang sangat terkenal di sana. Jembatan ini menjadi penghubung antara Bosnia dan Kroasia yang dahulu terpisah karena perang. Kecantikan kota ini berada di sungainya yang biru toska nan jernih. Bahkan, Anda pun bisa diving di sini.

Berlanjut ke tetangga Bosnia, ada Kroasia. Kota Zadar terkenal dengan pesisirnya yang cantik. Pada sore hari, para wisatawan menghabiskan waktu di sini untuk menunggu matahari tenggelam. Kiev di Ukraina pun tak kalah cantik. Ada Independent Square, atau St Sofia Cathedral yang merupakan gereja tertua di Kiev dan juga memiliki pemandangan cantik dari puncak bangunannya.

Para pecinta budaya tak bisa melewatkan Tallinn di Estonia. Sebagai kota pusat kebudayaan Eropa, Tallinn tak pernah kehabisan acara yang berhubungan dengan seni dan budaya. Mari lanjutkan perjalanan ke Rumania, tepatnya ke Suceava. Di balik terkenalnya drakula, ada yang lebih indah dari makhluk bertaring dan gemar menghisap darah manusia. Bangunan di sana kuno dan warna-warni. Sungguh cantik!

Ada pula Budapest di Hungaria yang menawarkan suasana muda nan penuh semangat dan unik. Sebagai kota yang sering didatangi wisatawan muda, Budapest masuk dalam salah satu kota paling asyik di Eropa.

Praha di Republik Ceko pun tak ingin kalah menjadi destinasi romantis. Perpaduan antara sejarah dan suasana romantis di sana tiada duanya. Terakhir, ada Rusia yang terkenal dengan Moskow dan Benteng Kremlin.

Rute: Slovenia-Bosnia-Kroasia-Ukrania-Estonia-Rumania-Hungaria-Rusia

3. Eropa Utara

Eropa Utara terdiri dari Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia dan Swedia. Di sini tempat lahirnya bangsa Viking, gleyser dan aurora. Anda bisa memulai perjalanan dari Denmark. Perpaduan kastil, benteng yang klasik dengan desain bangunan modern serta festival paling masa kini.

Siapkan jaket hangat Anda saat melanjutkan perjalanan ke Finlandia. Ketenangan dan keindahan jelas jadi magnet utama pariwisata di sana. Berlanjut ke Islandia, ada lanskap menyerupai bulan yang dibuat NASA untuk merepresentasi bentuk bulan. Tak ketinggalan, ada juga kota dan desa yang sangat cantik sehingga sering diandaikan sebagai desa para peri.

Inilah salah satu tempat terbaik melihat aurora atau “northern light”, sinar dari utara. Sungai di sini dilewati ikan salmon, Anda pun bisa menginap di tengah salju, sambil bermain dengan anjing husky yang bebas berkeliaran di sana.

Akhiri perjalanan Anda di Swedia. Sungai jernih dan deretan pohon pinus membuat Anda mampu melupakan padatnya kehidupan perkotaan dalam sekejap.

Rute: Denmark-Finlandia-Islandia-Norwegia-Swedia

4. Mediterania

Mediterania terkenal menjadi pelarian para wisatawan Eropa yang ingin merasakan musim panas. Anda bisa ke Tel Aviv di Israel dan mendatangi Old Jaffa yang konon jadi tempat nabi Nuh berangkat dengan kapalnya. Ini juga merupakan dermaga paling tua di dunia.

Selain Tel Aviv, ada Athena di Yunani. Sebagai pusat mitologi Yunani, Athena memiliki banyak spot wisata sejarah kuno. Ada Acropolis, Temple of Olympian Zeus, dan banyak tempat lainnya. Masih di Yunani, ada Crete. Kawasan ini memiliki perairan yang indah, tak heran kawasan ini menjadi rute wajib wisata cruise di Mediterania.

Pulau Sicilia di Italia pun tak kalah menarik. Pulau asal mafia ini bisa sangat panas saat musim panas, namun inilah yang banyak dicari wisatawan. Kawasan pantai yang terkenal dan wajib didatangi adalah San Vito Lo Capo. Juga Erice di West Coast yang terkenal dengan tembok yang mengelilinginya.

Terakhir, ada Istanbul di Turki. Kota yang berada di Asia dan Eropa ini tak pernah sepi pengunjung. Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan menjelajah pasar malam atau kawasan dengan bangunan kuno nan memukau.

Rute: Tel Aviv-Athena-Crete-Sicilia-Istanbul

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *