NAPAK TILAS PENINGGALAN NABI DI TURKI

Dikutip kembali oleh : Doni Ardon *

KOTA ISTANBUL TURKI, tak hanya menyimpan keindahan alam yang luar biasa mempesona. Disini, kami melakukan napak tilas sejarah nabi selama tiga hari sebelum melakukan perjalanan umroh ke Mekkah Al Mukkarahmah, tanggal 03 – 14 Januari 2019.

Salah satu tempat yang jadi prioritas wisata di Istanbul antara lain Topkapi Palace atau Istana Topkapi. Istana ini berada satu kompleks dengan Hagia Sophia yang legendaris dan Blue Mosque nan indah. Tempat-tempat itu menggambarkan kejayaan Islam di masa lalu.

Komplek Istana Topkapi

Saya berkesempatan mengunjungi kompleks wisata fenomenal di Istanbul pada Sabtu (04/01/2020). Alhamdulillah, tidak ikut antrian panjang untuk pengecekan tiket di gerbang pertama karena difasilitasi Mr. Arken, guide setempat.

Dan lagi-lagi saya mengucap Alhamdulillah karena pengecekan barang bawaan menggunakan sinar x kembali lancar di gerbang kedua.

Penjagaan di Istana Topkapi memang sangat kuat, seolah masih ada raja di dalamnya. Pasukan bersenjata lengkap berdiri gagah berpasangan di tiap pintu istana.

Topkapi Palace tak lain adalah istana tempat tinggal kekhalifahan Ottoman selama hampir 400 tahun. Lokasi istana ini masih di kawasan Sultanahmet yang merupakan old city Istanbul, yang dekat dengan Hagia Sophia dan Blue Mosque.

Topkapi Palace menyimpan berbagai peninggalan Nabi Muhammad SAW, sahabat dan keluarganya. Selain itu juga ada sejumlah barang penting yang melekat di Kabah tempo dulu. Sementara di sebelahnya, Hagia Sophia kini hanya jadi musem, namun bangunan megah itu adalah saksi kejayaan Islam di masa lalu.

Untuk masuk Istana Topkapi, setiap 1 pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 30 Lira.

Memasuki jalan selebar 4 meter, kita akan melihat bunga tulip warna-warni yang menghampar cantik di kanan-kiri setapak, sehingga banyak wisatawan yang mengabadikan foto di sini.

Kami melaksanakan perjalanan wisata di Turki pada musim dingin. Suhu disini mencapai 4 derajat celcius dan bahkan bisa mencapai minus 4 saat turun hujan. Jaket bulu angsa, sarung tangan dan longjhon seolah tidak mampu menghangatkan tubuh kami hingga kami sangat kedinginan.

Istana Topkapi merupakan istana terluas kedua setelah Versailles di Prancis. Istana ini mulai dibangun pada tahun 1459 atas perintah Sultan Mehmed II. Beberapa bangunan mengelilingi lapangan istana dan kebun, seperti gudang senjata, ruang harta, ruang makan, harem, kamar Sultan dan menara penjaga.

Karena keterbatasan waktu, kami langsung mengarah ke sebuah ruangan dengan antrean sangat panjang. Di ruangan inilah sacred relics yang merupakan barang-barang peninggalan Rasulullah SAW, keluarga, dan sahabatnya disimpan di Hirkai Serif Odasi (Chamber of the Holy Mantle).

Benda bersejarah tersebut disimpan oleh Sultan Mehmet pada tahun 1517 silam.

Untuk memasuki ruangan ini para wisatawan harus sabar mengantre sangat panjang. Selain itu tidak diperkenankan mengeluarkan kamera atau ponsel untuk memotret.

Begitu masuk ruangan, sejumlah pedang milik para sahabat Nabi Muhammad dipajang. Agak ke dalam ruangan pertama, kami menyaksikan talang emas, pintu kabah, gembok kabah, dan tempat penutup sudut hajar azwad di kabah, subkhanallah rasanya seperti di Makkah.

Di ruangan ini terdengar lantunan ayat suci Alquran yang 24 jam diperdengarkan nonstop. Ada 3 orang yang bergantian membaca Alquran selama 24 jam sejak Istana Topkapi berdiri. Subhanallah.

Selain itu di ruangan lain ada pula peninggalan Rasulullah SAW seperti gigi, jenggot, jubah, pedang, dan jejak telapak kaki Rasulullah yang dipahat di batu.

Tak hanya itu, ada juga pedang nabi Daud dan pedang para sahabat (Umar bin Khatab, Ali bin Abi Thalib, dan Ustman bin Affan) dan baju-baju kekhalifahan serta tongkat Nabi Musa yang digunakan untuk membelah laut.

Penasaran dengan perjalanan wisata kami selama di Turki? Ikuti ulasan berikutnya dalam perjalanan wisata religi di Bursa, Turki, Minggu (05/01/2020).

Salam. 🙏

*) Direktur Pers DPP MOI

Releated

Wartawan Kabupaten Bekasi Gelar Rapat Pembentukan Panitia HPN ke 74

Bekasi, MITRA NEWS – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke 74 tahun 2020, sejumlah wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Bekasi melaksanakan rapat koordinasi sekaligus pembentukan kepanitiaan Hari Pers Nasional (HPN) ke 74 tahun 2020 di Ruko Icon City, Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Jumat (24/1/2020). Rapat tersebut dihadiri sebanyak 18 orang perwakilan media […]

Jembatan Pebayuran-Rengasdengklok Bisa Dilalui, Truk Dilarang Masuk

Bekasi, MITRA NEWS – Jembatan penghubung Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi dengan Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang selesai dibangun. Mulai hari ini, Selasa (21/1/2020), jembatan yang dibangun oleh dua pemerintah daerah sudah boleh dilalui kendaraan. “Kita kunjungi jembatan hari ini karena sebelumnya ada info pengerjaanya belum selesai. Tapi setelah kita lihat langsung, ternyata sudah selesai semua,” kata […]