WABAH KORONA : Dewan Pers Apresiasi, SMSI Jabar Gelar Rapat Kerja

Jakarta, MITRA NEWS – Ketua Dewan Pers, M. Nuh memberikan apresiasi kepada insan pers yang masih bertugas meliput perkembangan wabah Corona di Indonesia. Peran pers tersebut sangat diharapkan oleh masyarakat.

Hal tersebut disampaikan M. Nuh setelah Rapat Kerja Daerah Serikat Media Siber Indonesia (Rakerda SMSI) Jawa Barat di Prama Grand Preanger Hotel, Bandung, Selasa (17/03/2020).

“Tetapi tetap, urusan etika jurnalistik obyektifitas menjadi bagian yang tidak terpisahkan, saya memberikan apresiasi yang sungguh sangat luar biasa kepada kawan- kawan jurnalis,” ujar M. Nuh.

Diakuinya, meskipun suasana sangat khusus tetapi kawan-kawan jurnalis tetap menjalankan tugas suci yaitu memberikan informasi yang proper kepada masyarakat.

M. Nuh berpesan kepada para insan pers untuk benar-benar menjaga kesehatan.

“Kita tidak ingin kawan –kawan jurnalis tertular covid 19. Karenanya, prinsip-prinsip dasar di dalam peliputan yang terkait dengan covid 19, APD (Alat Pelindung Diri-red), tetap harus diperhatikan dengan baik, jangan sampai kita meliput Covid 19 tetapi sekali lagi Na’udzubillah justru itu ada kawan-kawan yang terpapar Covid 19,” papar M. Nuh.

Selain berpesan kepada para awak media, M. Nuh juga berharap perusahan pers di suasana ekosistem perusahan pers saat ini, tetap harus mengacu pada protokol-protokol penangan Covid 19.

“Kami dari dewan pers memberikan dukungan penuh agar kita semua dapat bersama –sama bersatu melawan Covid 19. Sehingga Indonesia tetap tegak, teguh dan semakin jaya,” pungkas M. Nuh. 

Secara terpisah, Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Firdaus mengatakan dirinya hadir pada rakerda SMSI Jawa Barat di tengah merebaknya wabah korona di Indonesia. “Kedatangan saya ke acara ini karena spirit yang kuat untuk Indonesia. Spirit akan layu, kalau saya tidak hadir. Apapun resikonya. Untuk SMSI, saya tidak main-main, walau beresiko (oleh virus corona – red),” ujarnya.

Ketua umum SMSI, Firdaus

Firdaus mengatakan, sebelum Ramadhan, SMSI sudah menjadi konstituen Dewan Pers.

“Kita berkomitmen wartawan-wartawan dari SMSI agar bisa bersinergi dengan organisasi Persatuan Wartawan Indonesi (PWI) dan bergabung menjadi anggota PWI,” jelasnya.

Karena, salah satu misi SMSI adalah kesinambungan pergerakan Pers ke depan.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *