Oleh : Doni Ardon *)

“Bekasi Utara, daerah yang sebelumnya terbelakang sepertinya akan menjadi wilayah terdepan. Jika sebelumnya hanya sebatas kantong hunian menengah ke bawah, tak lama lagi akan naik kelas pasarannya dan berkembang secara meluas”.

PERINGATAN Hari Pers Nasional (HPN) ke 74 tahun 2020 menjadi tombol pembangunan Kalimantan Selatan sebagai gerbang ibukota negara. Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo mengapresiasi hal ini dan menjadikannya sebagai komitmen bersama di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (08 Februari 2020).

Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo

Komitmen itu tentu bukan hal enteng, tapi luar biasa. Hadirnya tamu-tamu kenegaraan seperti pihak kementerian dan deputy serta investor asing, tak luput dari keterlibatan pers menginformasikan peta potensi yang bisa dikerjasamakan melalui forum investasi, baik secara nasional maupun internasional.

Sejalan komitmen di tingkat pusat, hal yang patut menjadi komitmen berikutnya adalah bagaimana pers mampu berkontribusi dalam penyelesaian masalah Jakarta setelah tidak lagi menyandang gelar ibukota negara.

Karena sangat sulit menyelesaikan masalah Jakarta jika harus sendirian. Sehingga perlu disinkronkan antara wilayah-wilayah sekitar Jakarta, seperti Depok, Tangerang, Tangsel dan Bekasi.

Kita ketahui, kisah proyek reklamasi di teluk Jakarta yang penuh polemik akhirnya tamat setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mencabut izin prinsip dan izin pelaksanaan proyek pembangunan 13 pulau buatan yang dikembangkan swasta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *