Bekasi, MITRA NEWS – Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Bupati Sisa Masa Jabatan 2017-2020 menyatakan sudah melaksanakan semua tahapan proses Pemilihan Wakil Bupati (Pilwabup) Bekasi sisa masa jabatan 2017-2022 sesuai ketentuan perundangan yang berlaku. “Kami sudah melaksanakan semua proses tahapan, selanjutnya saya harap Gubernur Jawa Barat segera mengirimkan usulan pengesahan pengangkatan Wakil Bupati Bekasi ke Menteri Dalam Negeri jika memang belum dikirimkan usulan tersebut,” demikian disamapikan salah satu Panitia Pilwabup Bekasi, Nyumarno menanggapi pernyataan Mendagri, Selasa (12/05/2020).

Dia menjelaskan, terkait Pilwabup Bekasi yang digelar bulan lalu, Gubernur Jabar melalui Bagian Fasilitasi Pemprov Jabar telah memberikan arahan, fasilitasi dan pembinaan pada saat DPRD membentuk Tata Tertib. “Di dalam Tata Tertib DPRD itulah mekanisme Pemilihan Wakil Bupati Bekasi diatur dan kami telah melaksanakan sesuai tahapannya” ujar Nyumarno.

Jikapun Mendagri mengembalikan hasilnya ke Provinsi Jabar, Nyumarno menduga hal itu bukan sekedar mengembalikan, tapi menjawab konsultasi pihak Gubernur.

Pada prinsipnya, Panlih Wabup Bekasi menunggu jika ada arahan lebih lanjut dari Kemendagri, karena secara ketentuan perundangan, usulan pengesahan pengangkatan Wakil Bupati Bekasi sisa masa jabatan 2017-2022 disampaikan DPRD kepada Menteri Dalam Negeri, melalui Gubernur Jabar sebagai perwakilan Pemerintah Pusat.

“Kami juga berharap agar Gubernur Jabar segera mengirimkan usulan pengesahan pengangkatan Wakil Bupati Bekasi ke Menteri Dalam Negeri jika memang belum dikirimkan usulan tersebut,” urainya.

Bagaimanapun, lanjut dia, Pemilihan Wakil Bupati Bekasi sisa masa jabatan 2017-2022 itu menggunakan anggaran APBD Kabupaten Bekasi, baik APBD tahun 2019 ataupun 2020.

“Jadi bicara tentang APBD 2019, saat ini kan harus dipertanggungjawabkan oleh Kepala Daerah kepada DPRD dalam pembahasan LKPJ Bupati,” ujar dia.

“Pemprov Jabar ataupun Kemendagri tentu sangat paham tentang hak tersebut. Belum lagi jika bicara Wakil Bupati Bekasi memang sangat diperlukan untuk mendampingi kinerja Bupati Bekasi, apalagi saat pandemi Covid-19 ini, kita perlu Wakil Bupati,” ujarnya lagi. (Yan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *