Bumdesa Hegarmukti Lestari Kembangkan Budidaya Jahe Merah

Bekasi, MITRA NEWS – Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) Hegarmukti Lestari menjadi pilot project pembibitan Jahe Merah di Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi. Mengandalkan karang taruna dalam pengelolaannya, ditargetkan usaha budidaya jahe merah menghasilkan laba 200 persen setiap tahunnya.

Ditemui di Workshop Sablon Bumdesa Hegarmukti Lestari, Minggu (26/07), Direktur Bumdesa Hegarmukti Lestari, Doni Ardon mengatakan bahwa pertanian jahe merah menjadi komoditi perkebunan yang dikembangkan.

Guna mendukung sektor kepariwisataan, Bumdesa Hegarmukti Lestari di tahun 2020 berencana mengembangkan budidaya tanaman Bonsai. Sebanyak 400 tanaman Bonsai telah siap ditempatkan di wisata Situ Rawabinong, bekerjasama dengan pengusaha Bonsai, H. Rahmat Gunasin. (Foto : doc).

“Pembibitan jahe merah ini mudah dan modalnya tidak besar namun memiliki nilai jual yang cukup tinggi,” terangnya. Selain itu peminatnya cukup banyak, mulai masyarakat pedesaan hingga perkotaan.

“Karena memang permintaan akan jahe merah ini cukup tinggi, maka kami mencoba memulai pembudidayaaannya sejak sekarang, senoga bulan ke depan sudah mulai panen,” harapnya.

Dijelaskan Doni bahwa khasiat dan manfaat jahe merah yang cukup besar pada kesehatan menjadi salah satu alasan tingginya permintaan akan jahe merah tersebut.

“Rimpang jahe merah ini biasanya digunakan sebagai bahan baku untuk membuat obat-obatan dan juga bahan makanan”. 

“Jadi, boleh dibilang usaha budidaya jahe merah ini potensinya sangat cerah di masa mendatang, dan Alhamdulillah Bumdesa Hegarmukti Lestari telah memulainya,” jelasnya.

Adapun ssebagai awalan, bibit jahe merah yang ditanam sejak Minggu (26/07/2020) adalah sebanyak 500 bibit jahe siap tanam. (kew/yan)

Artikel yang Direkomendasikan