Firdaus Optimis, News Room SMSI Kalahkan Peran Google

BANTEN – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) optimis mengalahkan peran google dalam hal penyediaan informasi dan berbagai aktivitas lain yang memanfaatkan teknologi digital. Keberadaan SMSI Newsroom memiliki peran penting dan diandalkan sebagai rumah berita media online bagi para pengguna smartphone. 

Demikian disampaikan Ketua UmumSMSI Firdaus saat menutup Rapat Kerja Nasional SMSI di gedung Convention Hall Hotel Marbella, Anyer, Banten, Minggu (27/09/2020).

“Kita punya program setelah news room ini jalan, setiap perwakilan SMSI tingkat provinsi diminta untuk mengirimkan salah satu I.T terbaiknya untuk bergabung dalam I.T Siber Indonesia,” kata Firdaus. 

Harapan dia, setelah para I.T ini berkumpul dan mengikuti bimtek, maka tahun 2023 ke depan, SMSI sudah dapat bermain dalam big data. 

“Kunci keberhasilan newsroom menjadi big data ini adalah dengan memanfaatkan server-server unlimited yang difasilitasi Kemenkominfo RI,” jelas Firdaus. 

Hal itu sesuai rumusan ketua Dewan Pakar SMSI, Hendri Chaerudin Bangun (Wakil Ketua Dewan Pers periode 2019-2022_red) saat membentuk News Room bernama Siberindo, Indonesia Today dan Siber Indonesia Network.

Firdaus optimis, melalui peran dewan penasehat SMSI Dr. Ir. M. Hatta RajasaIrjen Pol (Purn) Drs. Taufiequrachman Ruki, S.H dan H.M. Alwi Hamu, News Room SMSI dapat mengalahkan peran google dalam hal pemenuhan informasi kepada masyarakat.

Untuk diketahui, Big data adalah data tentang banyak hal yang terkumpul dalam volume besar dan kecepatan yang cepat. 
big data lahir dari fenomena perluasan penggunaan internet dan kemajuan teknologi informasi setiap harinya.

“Big data bisa digunakan untuk berbagai aktifitas bisnis, mulai dari customer experience sampai analystic,” ucap ketua dewan pakar SMSI, Hendry Ch Bangun menambahkan. (Dn)

Artikel yang Direkomendasikan