Malam Literasi Santri Cilik Pukau Juri di Bata Bata

Bata-Bata – Sebagai bentuk kelanjutan dari project Malam Literasi yang belum sempat pungkas. Akhirnya tepat Kamis malam (08/10/20) bertempat di Halaman Pesantren sebelah daerah selatan daerah S, malam literasi tersebut kembali diselenggarakan.
Sama halnya pada sesi pertama, sesi kedua itu diisi dengan agenda yang tak jauh beda yakni Presentasi Buku. Diperkirakan ada lima belas peserta yang menjadi presentator, sepuluh diantaranya Santri senior dan sisanya merupakan Santri Minikom (yang duduk di kelas VII MTS, Red).

Ada beragam jenis buku yang dipresentasikan, mulai dari buku-buku ilmiah seperti Ensiklopedia, ada juga sebagian lainnya mempresentasikan kitab kuning meliputi ; Ilmu Tafsir dan Fiqih.
Pengurus pesantren beserta Ka.Bid Literasi yang saat itu menjadi Juri dibuat terkesima oleh presentator yang satu ini. Pasalnya ada seorang presentator buku yang merupakan golongan santri cilik begitu detail dan mengalir memaparkan poin-poin penting dalam buku berjudul ‘Abon’. “Abon adalah sebuah makanan ringan siap saji yang biasanya terbuat dari ikan laut atau daging ayam,” jelas Kafil disaat presentasi diatas panggung.

Para juri begitu terheran-heran melihat santri tersebut masih terkesan cilik namun sudah berani berbicara dihadapan kurang lebih 7000 santri. “Tepuk tangan yang meriah untuk santri cilik ini,” Ajak juri disusul gemuruh tepuk tangan para penonton.

Antusiasme para hadirin sudah tak bisa diragukan lagi, terbukti mereka begitu antusias mendengarkan sekaligus memahami buku yang dipresentasikan. Bahkan ada sebagian mereka meneriakkan yel-yel untuk peserta yang mereka jagokan. “Tidak ada yang ingin saya ungkapkan kecuali kagum akan skill para peserta,” puji salah seorang santri saat diwawancarai redaksi. (Fud/San)

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *