Toleransi Umat Beragama, Umat Non Muslim Jaga Kendaraan Jamaah Salat Ied

  • Bagikan


BEKASI -Mitra news net. Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah jatuh pada hari ini, Kamis (13/5/2021). Toleransi antar umat beragama terlihat saat pelaksanaan salat Ied di Masjid As Sayyidah Khodijah, Perumahan Graha Melasti, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.
Pada saat umat muslim melaksanakan salat Ied, warga yang beragama non-muslim ikut serta menjaga kemanan di lingkungan masjid. Seperti menjaga kendaraan parkir milik para jamaah salat Ied.
Pujonoto, salah seorang warga Graha Melasti RW 014 yang beragama non muslim, terlihat berjaga dan mengatur lalu lintas disekitar masjid. Pujo dan beberapa warga lainnya yang bukan beragama Islam bersemangat menjaga kendaraan para jamaah yang hendak menjalankan salat Ied.
Pujo mengaku, rasa perduli antar umat beragama harus dilakukan. Rasa perduli tak hanya dilakukan oleh agama yang sama. Namun antar umat beragama lainnya.
“Kita semua ini hidup berdampingan. Tidak ada salahnya kalau kita saling membantu antar umat beragama. Kita tidak ada membeda-bedakan. Umat muslim lagi ibadah, kita yang tidak merayakan, harus bisa menjaga dan ikut serta membantu berjalannya perayaan umat muslim ini,” terang Pujo, yang juga Ketua RT 013, Perumahan Graha Melasti.
Pujo mengaku, dengan adanya rasa toleransi antar umat beragama ini, bisa menghindari pemikiran-pemikiran buruk antar umat agama lainnya.
“Kita sama-sama tahu, di agama apapun, tidak diajari rasa kebencian. Kita dituntut untuk saling membantu dan menolong,” tambah Pujo.
Sementara, jamaah salat Ied mengaku bangga dengan hadirnya warga yang beragama non muslim dalam mensukseskan perayaan besar umat muslim ini.
“Alhamdulillah masih banyak warga diluar non muslim yang memiliki rasa gotong royong. Kami selaku warga Graha Melasti berterimakasih kepada warga yang telah membantu melancarkan jalannya salat Ied di Graha Melasti ini,” ungkap Raflyka, warga setempat.
“Kami berharap baik umat muslim dan Kristen dapat menjaga persatuan dan kesatuan, serta tali silaturahmi, supaya tercipta kerukunan sesama umat beragama,” timpal warga lainnya Reza Putra.
Sekedar diketahui, pelaksanaan salat Ied di Masjid As Sayyidah Khodijah, Perumahan Graha Melasti, berjalan lancar. Para jamaah terlihat mematuhi protokol kesehatan. Seperti memakai masker dan mencuci tangan dilokasi sekitar masjid. (ynt)

banner 120x600
  • Bagikan