Waduh, Pemkab Bandung Barat Tolak Bantuan Hibah Mobil Damkar, Ambulance dan Truk Pengolah Sampah dari Jepang

  • Bagikan

BANDUNG BARAT, MITRANEWS.NET – Bob Sofyan merupakan Putra Daerah Kabupaten Bandung Barat sekaligus pengurus Japan Conection yang memiliki hubungan baik dengan Pemerintah Jepang. Dia berinisiatif mengajukan Hibah Mobil damkar dari Jepang untuk Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dengan tujuan ingin membantu daerahnya sendiri.

Inisiatif tersebut muncul karena merasa prihatin melihat Kabupaten Bandung Barat dengan keadaan sekarang, armada yang ada di Damkar KBB sangat minim. Kalaupun ada kondisinya sudah rusak. Namun niat baik Bob Sofyan tidak direspon oleh Pemerintah Kabupaten Bandung Barat.

Kepada wartawan, Bob Sofyan menjelaskan, dirinya mendapat kabar bahwa pemerintahan Jepang akan memberikan hibah mobil pemadam kebakaran. Berawal dari situ ia berpikir kenapa mobil pemadam kebakaran itu tidak diambil?.

‘’Disini kita sebagai warga Bandung Barat mempunyai kepedulian terhadap Kabupaten Bandung Barat, akhirnya kami berkomunikasi dengan pihak KBRI yang ada di Tokyo dan kami diberikan hibah sebanyak 2 unit pemadam kebakaran yang peruntukannya untuk diberikan kepada Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat,” jelasnya kepada wartawan saat ditemui di kantornya, jalan Cimareme, Kecamatan Ngamprah kab. Bandung Barat, Senin (12/07/2021).

Bob Sofyan

Ia pun menyayangkan ketika hal itu ia dipresentasikan ke Kepala Dinas Pemadam dan Penyelamat KBB, Meidi, responnya mengecewakan.

“Uang dari mana untuk mengambil dan mengganti operasional dari Jepang ke Bandung,” ucap Bob menirukan reaksi meidi.

Padahal, lanjut Bob, keberadaan mobil Damkar itu sebetulnya sudah ada di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), jalan. Dr. Setiabudi, Bandung.

“Kalau Pemerintah Daerah Bandung Barat berminat tinggal ganti ongkos kirim Rp 150 juta/unit dan mobil bisa langsung diambil, sementara harga barunya mobil itu sekitar Rp 600-700 juta,” ungkapnya seraya memberikan solusi terkait kebutuhan operasional tersebut dapat menggunakan dana CSR yang ada.

‘’Misalkan, memanggil beberapa perusahaan yang ada di Kabupaten Bandung Barat, lalu diajak duduk bersama untuk membicarakan dan mengambil hibah mobil Damkar dari Jepang, karena mobil kebakaran ini kepentingannya untuk bersama dan ini untuk kepentingan masyarakat umum khususnya di wilayah Kabupaten Bandung Barat,” ungkapnya.Tapi solusi itupun tidak ada respon dari Pemkab Bandung Barat.

‘’Kami berupaya sekuat tenaga terkait apa yang kami usulkan, apa yang kami berikan terhadap Kabupaten Bandung Barat ternyata jauh dari pikiran saya, bahwa Kabupaten Bandung Barat akan merespon’’, katanya.
Selain itu, Bob Sofyan mengatakan, bahwa bukan hanya mobil Pemadam Kebakaran saja yang dihibahkan, tetaapi ada juga mobil Ambulace dan mobil Pengolahan Sampah. (***)

Penulis: RahmatEditor: Ardon
banner 120x600
  • Bagikan